PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MUSEUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 AIR BATU KABUPATEN ASAHAN

Pohan, Winnie Nashorunnisa (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MUSEUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 AIR BATU KABUPATEN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3201121006_Cover.pdf] Text
3201121006_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 3201121006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3201121006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 3201121006_Abstrak.pdf] Text
3201121006_Abstrak.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 3201121006_Kata_Pengantar.pdf] Text
3201121006_Kata_Pengantar.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 3201121006_Daftar_Gambar.pdf] Text
3201121006_Daftar_Gambar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 3201121006_Daftar_Tabel.pdf] Text
3201121006_Daftar_Tabel.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 3201121006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3201121006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 3201121006_Daftar_Isi.pdf] Text
3201121006_Daftar_Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 3201121006_BAB_I.pdf] Text
3201121006_BAB_I.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 3201121006_BAB_V.pdf] Text
3201121006_BAB_V.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 3201121006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3201121006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di disebabkan karena beberapa hal seperti peserta didik kurang tertarik dalam belajar sejarah, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, dan pembelajaran Sejarah kurang interaktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran museum virtual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Air Batu Kabupaten Asahan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh enggunaan media museum virtual terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Air Batu Kabupaten Asahan. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan wawancara. Instrument penelitian menggunakan tes essay yang sesuai dengan indicator. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dengan melakukan uji prasyarat terlebih dahulu yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa diperoleh thitung sebesar 1,998, dengan derajat kebebasan (df) = n-k. diketahui bahwa n = jumlah sampel, dan k = konstruk. Maka, df = 30 – 2 = 28. Maka ttabel adalah 1.70113. Berdasarkan data tersebut, maka thitung(1,998) > ttabel(1,70113) , dengan tingkat signifikansi pada table adalah 0,048 yang artinya adalah 0,048 < 0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan interpretasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media Museum Virtual secara signifikan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Sejarah, Museum Virtual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:33
Last Modified: 28 Apr 2025 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61739

Actions (login required)

View Item
View Item