PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Audina, Diki (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226122001_Cover.pdf] Text
8226122001_Cover.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8226122001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226122001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 8226122001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226122001_Kata_Pengantar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8226122001_Abstrak.pdf] Text
8226122001_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8226122001_Daftar_Isi.pdf] Text
8226122001_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8226122001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226122001_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8226122001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226122001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8226122001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226122001_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8226122001_BAB_I.pdf] Text
8226122001_BAB_I.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 8226122001_BAB_V.pdf] Text
8226122001_BAB_V.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8226122001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226122001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning yang layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kebutuhan belajar, lembar validasi materi, media, dan desain, lembar tanggapan guru dan peserta didik, lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan: (1) uji validasi materi memperoleh skor rata-rata 95% katagori sangat layak, (2) uji validasi media memperoleh skor rata-rata 89% katagori sangat layak, (3) uji validasi desain memperoleh skor 100% katagori sangat layak, (4) uji coba perorangan memperoleh skor 86% dan kelompok kecil memperoleh skor 86% katagori sangat layak, (5) uji coba lapangan memperoleh skor 91% katagori sangat layak, dengan hasil rata-rata keseluruhan dari katagori responden sebesar 93%. Selanjutnya, hasil percobaan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar 84,17, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan media video dan buku cetak memperoleh rata-rata hasil belajar 79,50. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji Indepentent samples t menunjukkan thitung = 2,381 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga thitung > ttabel. Dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa produk media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Maka media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning layak, praktis, efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Swasta Maitreyawira Deli Serdang.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Media Interaktif, Problem Based Learning, Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:41
Last Modified: 21 Mar 2025 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61725

Actions (login required)

View Item
View Item