PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI SAC (SMART APPS CREATOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN

Febriana, Tiara Murni (2024) PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI SAC (SMART APPS CREATOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3201121021_Cover.pdf] Text
3201121021_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 3201121021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3201121021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 3201121021_Abstrak.pdf] Text
3201121021_Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 3201121021_Kata_Pengantar.pdf] Text
3201121021_Kata_Pengantar.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 3201121021_Daftar_Gambar.pdf] Text
3201121021_Daftar_Gambar.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 3201121021_Daftar_Tabel.pdf] Text
3201121021_Daftar_Tabel.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 3201121021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3201121021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 3201121021_Daftar_Isi.pdf] Text
3201121021_Daftar_Isi.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 3201121021_BAB_I.pdf] Text
3201121021_BAB_I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 3201121021_BAB_V.pdf] Text
3201121021_BAB_V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 3201121021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3201121021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif berbantuan Aplikasi Smart Apps Creator (SAC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Medan. Metode dari penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan Pretest- Posttest Non Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji t dengan satu ekor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbantuan aplikasi Smart Apps Creator (SAC). Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar siswa yang didapat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif berbantuan Aplikasi Smart Apps Creator (SAC) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi Kinemaster. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan satu ekor data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 3,763 lebih besar dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 2,000. Selain itu ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia interaktif berbantuan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) yaitu sebesar 82,41 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi Kinemaster yang hanya sebesar 71,94.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia Interaktif, Smart Apps Creator (SAC), Hasil Belajar, Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:51
Last Modified: 28 Apr 2025 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61723

Actions (login required)

View Item
View Item