PENGEMBANGAN GAME SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI WORD WALL UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR T.A 2023/2024

Simatupang, Taty (2024) PENGEMBANGAN GAME SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI WORD WALL UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203321025_Cover.pdf] Text
3203321025_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3203321025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203321025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 3203321025_Abstrak.pdf] Text
3203321025_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 3203321025_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203321025_Kata_Pengantar.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 3203321025_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203321025_Daftar_Gambar.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 3203321025_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203321025_Daftar_Tabel.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 3203321025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203321025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 3203321025_Daftar_Isi.pdf] Text
3203321025_Daftar_Isi.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 3203321025_BAB_I.pdf] Text
3203321025_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 3203321025_BAB_V.pdf] Text
3203321025_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 3203321025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203321025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menegtahui kelayakan media berbasis gameshow quiz menggunakan word wall dalam pembelajaran sejarah, (2) mengetahui keefektivan penggunaan media aplikasi word wall dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI dengan materi pengembangan pengaruh barat pada masa colonial di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang menggunakan metode Pengembangan Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 9 (sembilan) tahapan uji coba produk yaitu : Tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, pengembangan produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk final. Instrumen pengumpulan data adalah berupa angket dan tes, lembar penelitian untuk ahli materi, ahli media dan angket uji coba produk oleh siswa. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik analisis data kuantitatif yang dungkapkan dalam distribusi skor dan skala kategori dalam penelitian. Pelaksanaan pada penelitian ini di semester genap T.A 2023-2024. Subjek penelitian ini di SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenihi validas oleh materi dengan mencapai nilai 89,5 dengan kategori sangat layak, validasi oleh ahli media 97,5 dengan kategori sangat layak dan berdasarkan uji pemakaian oleh siswa mencapai nilai 90,2 dengan kategori sangat layak. Keefektifan penggunaan media berbasis gameshow quiz menggunakan word wall dalam pembelajaran sejarah ini dapat disimpulkan sangat baik berdasarkan hasil dari belajar sesudah menggunaakan media yaitu dengan presentase nilai 81,85 yang tuntas dan tidak tuntas 2,8 dimana nilai ini telah berhasil melampaui batas KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk dan keefektifan penggunakaan produk tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran paa materi pengembangan Pengaruh Barat pada Masa Kolonial diIndonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Berbasis gameshow quiz .word wall. Penelitian dan Pengembangan (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:55
Last Modified: 28 Apr 2025 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61718

Actions (login required)

View Item
View Item