PENGEMBANGAN VIDEO 3D BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAN 3 MEDAN

Rahayu, Sri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO 3D BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203121046_Cover.pdf] Text
3203121046_Cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 3203121046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203121046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 3203121046_Abstrak.pdf] Text
3203121046_Abstrak.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 3203121046_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203121046_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 3203121046_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203121046_Daftar_Gambar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 3203121046_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203121046_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 3203121046_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203121046_Daftar_Lampiran.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 3203121046_Daftar_Isi.pdf] Text
3203121046_Daftar_Isi.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 3203121046_BAB_I.pdf] Text
3203121046_BAB_I.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 3203121046_BAB_V.pdf] Text
3203121046_BAB_V.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 3203121046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203121046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah MAN 3 Medan dimana guru sejarah belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dengan era teknologi terkini. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran sejarah monoton dan motivasi belajar siswa berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan video 3D berbasis artificial intellegence mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS di MAN 3 Medan. 2) mengetahui kelayakan media video 3D berbasis artificial intellegence dalam pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS di MAN 3 Medan. 3) mengetahui efektivitas video 3D berbasis artificial intellegence dalam pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS MAN 3 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun hasilnya ialah uji kelayakan dari ahli materi memberikan nilai 91,60% dengan kategori sangat valid lalu ahli media memberikan nilai 88,4% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya uji kelompok kecil mendapat nilai 62,6% dengan kategori valid, uji kelompok sedang diperoleh nilai 82% valid. Terakhir uji kelompok besar 90,74% dengan kategori sangat valid. Keberhasilan belajar dapat diukur jika peserta didik mencapai nilai KKM 78 dengan tingkat keberhasilan 70%. Hasil uji efektivitas melalui pre test post test dapat disimpulkan bahwa hasil belajar lebih efektif menggunakan media pembelajaran video 3D berbasis artificial intellegence. Nilai pre test yang didapatkan adalah 60,18% sedangkan hasil pos test didapatkan nilai 82,93%. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektivitas media pembelajaran video 3D berbasis artificial intellegence pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS MAN 3 Medan dinyatakan sangat layak dan cukup efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, video 3D, artificial intelligence.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:05
Last Modified: 28 Apr 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61700

Actions (login required)

View Item
View Item