Rahayu, Sri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO 3D BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3203121046_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Cover.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of 3203121046_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (622kB)
![[thumbnail of 3203121046_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Abstrak.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 3203121046_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 3203121046_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Daftar_Gambar.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 3203121046_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 3203121046_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Daftar_Lampiran.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 3203121046_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 3203121046_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_BAB_I.pdf
Download (580kB)
![[thumbnail of 3203121046_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_BAB_V.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 3203121046_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (472kB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah MAN 3 Medan dimana guru sejarah belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dengan era teknologi terkini. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran sejarah monoton dan motivasi belajar siswa berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan video 3D berbasis artificial intellegence mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS di MAN 3 Medan. 2) mengetahui kelayakan media video 3D berbasis artificial intellegence dalam pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS di MAN 3 Medan. 3) mengetahui efektivitas video 3D berbasis artificial intellegence dalam pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS MAN 3 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun hasilnya ialah uji kelayakan dari ahli materi memberikan nilai 91,60% dengan kategori sangat valid lalu ahli media memberikan nilai 88,4% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya uji kelompok kecil mendapat nilai 62,6% dengan kategori valid, uji kelompok sedang diperoleh nilai 82% valid. Terakhir uji kelompok besar 90,74% dengan kategori sangat valid. Keberhasilan belajar dapat diukur jika peserta didik mencapai nilai KKM 78 dengan tingkat keberhasilan 70%. Hasil uji efektivitas melalui pre test post test dapat disimpulkan bahwa hasil belajar lebih efektif menggunakan media pembelajaran video 3D berbasis artificial intellegence. Nilai pre test yang didapatkan adalah 60,18% sedangkan hasil pos test didapatkan nilai 82,93%. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektivitas media pembelajaran video 3D berbasis artificial intellegence pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS MAN 3 Medan dinyatakan sangat layak dan cukup efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, video 3D, artificial intelligence. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:05 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61700 |