PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dewi, Suci Mutiara (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216118007_Cover.pdf] Text
8216118007_Cover.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 8216118007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216118007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 8216118007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216118007_Kata_Pengantar.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 8216118007_Abstrak.pdf] Text
8216118007_Abstrak.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 8216118007_Daftar_Isi.pdf] Text
8216118007_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216118007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216118007_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8216118007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216118007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8216118007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216118007_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8216118007_BAB_I.pdf] Text
8216118007_BAB_I.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 8216118007_BAB_V.pdf] Text
8216118007_BAB_V.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 8216118007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216118007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk buku yang membahas tetang bentuk-bentuk variasi permainan tradisional dalam meningkatkan karakter siswa sekolah dasar. Serta meningkatkan karakter anak sekolah dasar melalui variasi-variasi perminan tradisional yang telah dikembangkan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan model R&D menurut (Borg and Gall). Metode ini adalah metode pengembangan untuk mengumpulkan data dengan lembar angket instrument penelitian, Teknik analisis data dengan bentuk presentase. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas III. Produk pada penelitian ini telah di desain kemudian di validasi oleh 3 ahli yaitu, Ahli Materi PJOK yang memili rentang presentase 98% (Sangat Valid), Ahli Permainan Tradisional dengan presentase 95% (Sangat Valid), Ahli Media Pembelajaran 95% (Sangat Valid), dengan rata-rata 96% (Sangat Valid), Kemudian dilakukan dengan Uji coba lapangan awal berjumlah 2 orang guru rata-rata presentase 92% (Sangat Valid), Uji coba Lapangan utama rata-rata 92% (Sangat Valid), Uji coba lapangan oprasional rata-rata 92% (Sangat Valid), Uji coba efektifitas permainan tradisional dalam meningkatkan karakter siswa di sekolah dasar ada aspek afektif dengan jumlah siswa 23, mendapatkan presentase 84%(Valid) pada permainan lompat tali, permainan ular naga 83% (Valid), Permainan Balap karung 86% (Valid), Permainan engklek rata-rata 86%(Valid), Permainan roda-roda Putar 86%(Valid). Pada aspek kognitif mendapatkan presentase 84% (Sangat Valid) dan aspek psikomotorik dengan presentase berlari 86%, berjalan 87% dan melompat 87%. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan permainan tradisional dalam meningkatka karakter siswa kelas III Sekolah Dasar. Adapun buku ini layak di gunakan dilihat dari presentase yang di dapat pada setiap proses pembuatan buku ini. Buku penduan permainan tradisional ini berisi variasi-variasi permainan yang dapat membentuk karakter anak di sekolah dasar, serta sebagai modul pendamping guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Karakter siswa, Media Pembelajaran, Permainan tradisional
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:15
Last Modified: 21 Mar 2025 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61694

Actions (login required)

View Item
View Item