PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PRETEST-POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS SMA BUDISATRYA

Al-Anshary, Siti Nurhidayah (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PRETEST-POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS SMA BUDISATRYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203121001_Cover.pdf] Text
3203121001_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 3203121001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203121001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 3203121001_Abstrak.pdf] Text
3203121001_Abstrak.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 3203121001_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203121001_Kata_Pengantar.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 3203121001_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203121001_Daftar_Gambar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 3203121001_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203121001_Daftar_Tabel.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 3203121001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203121001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 3203121001_Daftar_Isi.pdf] Text
3203121001_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 3203121001_BAB_I.pdf] Text
3203121001_BAB_I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 3203121001_BAB_V.pdf] Text
3203121001_BAB_V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 3203121001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203121001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)

Abstract

Tujuan penelitiain ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi quizizz pada pretest-posttest mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMA Budisatrya. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment dan tergolong penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Budisatrya yang terdiri dari 2 kelas MIA dan 2 kelas IPS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 45 siswa. Kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan Aplikasi Quizizz pada pretest-posttest, sedangkan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan Google Form pada pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dipeoleh hasil uji normalitas dan uji homogenitas yaitu sampel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil uji hipotesis dua sampel yaitu Thitung (2,686) > Ttabel (2,016) dengan signifikan 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas ekperimen sebesar 87,05, sedangkan rata-rata hasil siswa kelas kontrol sebesar 81,83. Terlihat jelas bahwa kedua kelas memiliki perbandingan hasil yang signifikan. Penggunaan aplikasi quizizz pada pretest-posttest terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS SMA Budisatrya terbukti mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar, sesuai dengan hasil uji hipotesis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aplikasi Quizizz, Pretest-Posttest, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:40
Last Modified: 29 Apr 2025 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61692

Actions (login required)

View Item
View Item