EVALUASI PEMBELAJARAN PJOK KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SMA SE-KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Syahri, Muhammad (2024) EVALUASI PEMBELAJARAN PJOK KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SMA SE-KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226118003_Cover.pdf] Text
8226118003_Cover.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8226118003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226118003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 8226118003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226118003_Kata_Pengantar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8226118003_Abstrak.pdf] Text
8226118003_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8226118003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226118003_Daftar_Isi.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 8226118003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226118003_Daftar_Tabel.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 8226118003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226118003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 8226118003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226118003_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226118003_BAB_I.pdf] Text
8226118003_BAB_I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 8226118003_BAB_V.pdf] Text
8226118003_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 8226118003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226118003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (408kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di setiap jenjang saat ini melalui Kementerian Pendidikan terutama pada Sekolah Penggerak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengevaluasi Pembelajaran PJOK Kurikulum Merdeka Belajar Sekolah Penggerak Tingkat SMA se-Kabupaten Serdang Bedagai. dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru PJOK, dan siswa di Sekolah Penggerak Tingkat SMA se-Kabupaten Serdang Bedagai. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) Evaluasi Context, Kurikulum Merdeka Belajar sudah 100% berjalan dengan baik sejak tahun 2022 setelah sekolah lulus dan ditetapkan sebagai sekolah penggerak. (2) Evaluasi Input, Kurikulum Merdeka Belajar sudah berjalan dengan baik dalam kondisi siswa, kondisi guru yang sudah memahami bagaimana kurikulum merdeka belajar dan sarana dan prasarana sekolah sudah mendukung namun masih tetap harus ada peningkatan dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran PJOK agar lebih baik lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (3) Evaluasi Process, Kurikulum Merdeka Belajar sudah berjalan dengan baik pada Persiapan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Kesungguhan, Semangat, dan Motivasi terlihat dengan adanya komitmen dan upaya yang konsisten dari semua pihak terkait, namun masih tetap harus ada peningkatan dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran PJOK agar lebih baik lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (4) Evaluasi Product, Kurikulum Merdeka Belajar sudah berjalan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran pada mata pelajaran PJOK yang sudah ditetapkan. Meskipun demikian, penyesuaian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan keberhasilan yang berkelanjutan dalam implementasi kurikulum baru ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar, PJOK
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:01
Last Modified: 21 Mar 2025 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61688

Actions (login required)

View Item
View Item