ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XII DI SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR T.A 2021/2022

Simanjuntak, Samuel (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XII DI SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3173321046_Cover.pdf] Text
3173321046_Cover.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 3173321046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3173321046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3173321046_Abstrak.pdf] Text
3173321046_Abstrak.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 3173321046_Kata_Pengantar.pdf] Text
3173321046_Kata_Pengantar.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 3173321046_Daftar_Gambar.pdf] Text
3173321046_Daftar_Gambar.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 3173321046_Daftar_Tabel.pdf] Text
3173321046_Daftar_Tabel.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 3173321046_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3173321046_Daftar_Lampiran.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 3173321046_Daftar_Isi.pdf] Text
3173321046_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 3173321046_BAB_I.pdf] Text
3173321046_BAB_I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 3173321046_BAB_V.pdf] Text
3173321046_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 3173321046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3173321046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pandemi covid 19 yang mewajibkan pembelajaran secara daring hal ini untuk memutuskan rantai penyebaran kasus covid. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses, dan hasil belajar dari pembelajaran daring yang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta didik kelas XII IPA 5 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yakni wawancara dan dokumetansi. Teknik analisis data mengunakan teori Miled and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian perencanaan pembelajaran daring menggunakan RPP sebagai acuan dalam mengajar yang tersusun sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media yang digunakan meliputi aplikasi Whatsaap Group,Google Classroom, Zoom. Kebanyakan siswa merasa terbebani dengan adanya pembelajaran daring meliputi materi yang disampaikan guru yang singkat dan rumit dipahami karena keterbatasan jaringan yang belum memadai, secara umum kendala yang dihadapi siswa adalah keterbatasan kuota internet , keterbatasan kepemilikan smartphone yang mendukung untuk pembelajaran daring. Hal ini berdampak pada hasil belajar secara daring menurun karena selain untuk memahami materi pembelajaran, siswa juga dituntut menguasai aplikasi yang mungkin awam bagi mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Daring, Proses dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:44
Last Modified: 29 Apr 2025 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61681

Actions (login required)

View Item
View Item