IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PANTAI LABU TAHUN AJARAN 2023/2024

Simatupang, Saharani Gibran (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PANTAI LABU TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203121047_Cover.pdf] Text
3203121047_Cover.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 3203121047_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203121047_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 3203121047_Abstrak.pdf] Text
3203121047_Abstrak.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 3203121047_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203121047_Kata_Pengantar.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 3203121047_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203121047_Daftar_Gambar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 3203121047_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203121047_Daftar_Lampiran.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3203121047_Daftar_Isi.pdf] Text
3203121047_Daftar_Isi.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 3203121047_BAB_I.pdf] Text
3203121047_BAB_I.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 3203121047_BAB_V.pdf] Text
3203121047_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 3203121047_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203121047_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pantai Labu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah, Wakil Kepala kurikulum dan Kepala sekolah. Objek penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pantai Labu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka diawali dengan menganalisis capaian pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran dan mengembangkan modul ajar, 2) pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di lakukan berdasarkan modul ajar yang telah dikembangkan dengan tahap pembelajaran dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan tetap menyesuaikan kondisi kelas dan minat bakat siswa dikelas, 3) tahap evaluasi menggunakan penilaian formatif yang hanya efektif dalam mengevaluasi pembelajaran keseluruhan secara berkala, 4) hasil dari implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah sesuai dengan konsep kurikulum merdeka mandiri berbagi yang telah ditetapkan melalui Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024 yaitu Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:48
Last Modified: 29 Apr 2025 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61675

Actions (login required)

View Item
View Item