PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI ROKLAMASI KEMERDEKAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMAS PAB 8 SAENTIS PERCUT SEITUAN

Saragih, Rini Suryani (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI ROKLAMASI KEMERDEKAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMAS PAB 8 SAENTIS PERCUT SEITUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3201121019_Cover.pdf] Text
3201121019_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 3201121019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3201121019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 3201121019_Abstrak.pdf] Text
3201121019_Abstrak.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 3201121019_Kata_Pengantar.pdf] Text
3201121019_Kata_Pengantar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 3201121019_Daftar_Gambar.pdf] Text
3201121019_Daftar_Gambar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 3201121019_Daftar_Tabel.pdf] Text
3201121019_Daftar_Tabel.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 3201121019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3201121019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 3201121019_Daftar_Isi.pdf] Text
3201121019_Daftar_Isi.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 3201121019_BAB_I.pdf] Text
3201121019_BAB_I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 3201121019_BAB_V.pdf] Text
3201121019_BAB_V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 3201121019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3201121019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Dalam pembelajaran sejarah, guru masih lebih dominan memakai metode ceramah yang menjadikan peserta didik sulit dan bosan ketika memahami apa yang di sampaikan oleh pendidik. Lain daripada itu belajar dengan media sangat memudahkan peserta didik dalam dalam menangkap kosep yang di tambatkan kedalam memorinya. Tujuan reseacrh ini guna mengetahui pengembangan media belajar berlandaskan Lectora Inspire, agar mengetahui kelayakan pemanfaatan media belajar berlandaskan Lectora Inspire terhdap materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, agar memehami efektifitas pemakaian media pembelajaran berbasis Lectora Inspire terhadap materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. research ini memakai jenis metode research serta pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan di research R&D ini memakai model pengembangan 4D. Subjek research ini yakni satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dan murid kelas XI yang terdiri dari 28 siswa.
Hasil pada research ini diperoleh:(1)Media belajar berbasis lectora inspire dikembangkan denggan 4 tahap ialah a)Define (Pendefenisisan),b)Design (Perancangan),c)Development (Pengembangan), d) Disseminate (Penyebaran); (2) tingkat kecocokan media belajar berlandaskan lectora inspire didasarkan ahli materi didapatkan presentase 97,77%(Sangat Layak),berdasarkan ahli maedia diperoleh presentase 84,8%(Layak), dan berdasarkan penilaian siswa didapatkan presentase 92,86%(Sangat Layak);(3)keefektifan pada penggunaan media pembelajaran lectora inspire didapat presentase ketuntasan peserta ddik yaitu 92,85%(Efektif). Didasarkan hasil research diatas media pembelajaran berbasis lectora inspirelayak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran , Lectora Inspire.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 May 2025 02:50
Last Modified: 19 May 2025 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61655

Actions (login required)

View Item
View Item