PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HOT LITERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID

Pertiwi, Ria (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HOT LITERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206142009_Cover.pdf] Text
8206142009_Cover.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8206142009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206142009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 8206142009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206142009_Kata_Pengantar.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 8206142009_Abstrak.pdf] Text
8206142009_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8206142009_Daftar_Isi.pdf] Text
8206142009_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 8206142009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206142009_Daftar_Tabel.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 8206142009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206142009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 8206142009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206142009_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8206142009_BAB_I.pdf] Text
8206142009_BAB_I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 8206142009_BAB_V.pdf] Text
8206142009_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8206142009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206142009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan e-modul kimia yang digunakan peserta didik disekolah, mengetahui kelayakan e-modul yang telah dikembangkan, mengetahui kepraktisan e-modul, mengetahui peningkatan HOT literasi peserta didik ketika menggunakan e-modul dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul yang terintegrasi pendekatan STEM pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan berupa instrument tes dan instrument nontes (angket). Hasil analisis kebutuhan didapatkan bahan ajar yang digunakan belum memuat materi yang terintegrasi pendekatan STEM. E-modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua orang dosen kimia UNIMED dan dua orang guru kimia. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 4 orang validator, diperoleh nilai 3,495 untuk validasi materi dan 3,55 untuk validasi media dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul terintegrasi pendekatan STEM yang telah dikembangkan memiliki kategori kepraktisan sangat praktis dengan rata rata sebesar 88,25%. Hasil kemampuan HOT literasi meningkat melalui penguasaan terpadu dengan pendekatan STEM. Hal ini dibuktikan melalui uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (10,5 > 2,032245) dengan nilai N-gain sebesar 0,764 (76,4%). Rata-rata respon peserta didik sebesar 86,68% berada pada kategori tinggi/sangat layak. Hasil informasi menunjukkan bahwa e-modul yang dibuat sangat penting dan dapat meningkatkan kemampuan HOT literasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.207 2 Per p
Keywords: E-Modul, STEM, HOT Literasi, Sistem Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:29
Last Modified: 24 Apr 2025 05:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61637

Actions (login required)

View Item
View Item