INOVASI SUMBER AJAR BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENGAJARAN ELEKTROFORESIS

Munthe, Lanita Bernadetta (2024) INOVASI SUMBER AJAR BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENGAJARAN ELEKTROFORESIS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216141006_Cover.pdf] Text
8216141006_Cover.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 8216141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 8216141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 8216141006_Abstrak.pdf] Text
8216141006_Abstrak.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 8216141006_Daftar_Isi.pdf] Text
8216141006_Daftar_Isi.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 8216141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 8216141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 8216141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 8216141006_BAB_I.pdf] Text
8216141006_BAB_I.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of 8216141006_BAB_V.pdf] Text
8216141006_BAB_V.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 8216141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan analisis kebutuhan yang menyimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan sumber ajar inovatif terintergrasi laboratorium virtual dalam pengajaran elektroforesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran inovatif menggunakan laboratorium berbasis proyek virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pengajaran elektroforesis. Model pengembangan menggunakan ADDIE melalui tahap menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi. Kelayakan sumber ajar oleh ahli materi (M=3,48) dan ahli media (M= 3,77) sangat layak digunakan. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Perolehan data hasil belajar mahasiswa menggunakan 20 soal HOTS yang valid dan reliabel (0,84). Hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 82,18±2,97 dan kelas control 79,13±2,67. Uji one sample independen t-hitung diperoleh ttstatistik (2,172) > ttabel (1,687) yang menunjukkan H0 ditolak, Ha diterima yaitu hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan laboratorium berbasis proyek virtual lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak menggunakan media laboratorium berbasis proyek virtual. Keterampilan berfikir tingkat tinggi pada mahasiswa dikelas eksperimen (18,03) lebih besar dibandingkan kelas control (16,02). Tanggapan responden terhadap sumber ajar ini juga sangat baik (M=3,55) sehingga mahasiswa tertarik menggunakannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 543.407 2 Mun i
Keywords: Materi Pembelajaran Berbasis Proyek, Laboratorium Virtual, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:47
Last Modified: 24 Apr 2025 05:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61629

Actions (login required)

View Item
View Item