Munthe, Lanita Bernadetta (2024) INOVASI SUMBER AJAR BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENGAJARAN ELEKTROFORESIS. Masters thesis, UNIMED.
8216141006_Cover.pdf
Download (422kB)
8216141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (461kB)
8216141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (488kB)
8216141006_Abstrak.pdf
Download (500kB)
8216141006_Daftar_Isi.pdf
Download (540kB)
8216141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (426kB)
8216141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (427kB)
8216141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (475kB)
8216141006_BAB_I.pdf
Download (820kB)
8216141006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216141006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216141006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216141006_BAB_V.pdf
Download (771kB)
8216141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (656kB)
8216141006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan analisis kebutuhan yang menyimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan sumber ajar inovatif terintergrasi laboratorium virtual dalam pengajaran elektroforesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran inovatif menggunakan laboratorium berbasis proyek virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pengajaran elektroforesis. Model pengembangan menggunakan ADDIE melalui tahap menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi. Kelayakan sumber ajar oleh ahli materi (M=3,48) dan ahli media (M= 3,77) sangat layak digunakan. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Perolehan data hasil belajar mahasiswa menggunakan 20 soal HOTS yang valid dan reliabel (0,84). Hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 82,18±2,97 dan kelas control 79,13±2,67. Uji one sample independen t-hitung diperoleh ttstatistik (2,172) > ttabel (1,687) yang menunjukkan H0 ditolak, Ha diterima yaitu hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan laboratorium berbasis proyek virtual lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak menggunakan media laboratorium berbasis proyek virtual. Keterampilan berfikir tingkat tinggi pada mahasiswa dikelas eksperimen (18,03) lebih besar dibandingkan kelas control (16,02). Tanggapan responden terhadap sumber ajar ini juga sangat baik (M=3,55) sehingga mahasiswa tertarik menggunakannya.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 543.407 2 Mun i |
| Keywords: | Materi Pembelajaran Berbasis Proyek, Laboratorium Virtual, HOTS |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:47 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 03:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61629 |
