Lubis, Rifa Atul Suaidah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBENTUK FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS TEMA HIDUP DAN BERTUMBUH DI SDN 101764 BANDAR KLIPPA. Masters thesis, UNIMED.
8226181017_Cover.pdf
Download (277kB)
8226181017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8226181017_Kata_Pengantar.pdf
Download (245kB)
8226181017_Abstrak.pdf
Download (145kB)
8226181017_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
8226181017_Daftar_Tabel.pdf
Download (208kB)
8226181017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
8226181017_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
8226181017_BAB_I.pdf
Download (587kB)
8226181017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (831kB)
8226181017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226181017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8226181017_BAB_V.pdf
Download (195kB)
8226181017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (423kB)
8226181017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar E-Modul berbentuk flipbook berbasis discovery learning yang layak, praktis dan efektif. Penelitian dilaksanakan di SDN 101764 Bandar Klippa. Subjek penelitian ini adalah kelas V sebanyak 22 orang siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validasi ahli materi 93,33% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli desain 100% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli bahasa 91,11% kriteria sangat valid. Dari hasil validasi para ahli bahan ajar E-Modul berbentuk flipbook layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil respon siswa diperoleh uji coba kelompok kecil 90,48% kriteria sangat praktis, Hasil uji coba lapangan 91,56% kriteria sangat praktis. Dari hasil respon siswa terbukti bahwa E-Modul berbentuk flipbook praktis untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil uji coba lapangan telah diperoleh bahwa E-Modul berbentuk flipbook berbasis discovery learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 101764 Bandar Klippa. Hasil uji hipotesis independent sample t test diperolehan hasil uji t (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,000 Mengacu pada dasar pengambilan keputusan berarti 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak dan H1 diterima, hasil nilai t hitung sebesar 5,813.Dengan demikian, disimpulkan terdapat pengaruh e-modul berbentuk flipbook terhadap berpikir kritis siswa kelas V SDN 101764 Bandar Klippa. Peningkatan berpikir kritis siswa terlihat pada nilai N-Gain kelas eksperimen dengan skor 0,53 yang dinyatakan berkategori sedang. Artinya E-Modul berbentuk flipbook berbasis discovery learning dapat efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPAS bagaiman kita hidup dan bertumbuh siswa kelas V SDN 101764 Bandar Klippa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.8 Lub p |
| Keywords: | E-Modul, flipbook, discovery, berpikir kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:47 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 01:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61578 |
