Sihotang, Nurhasanah (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP/MTs. Masters thesis, UNIMED.
8206182015_Cover.pdf
Download (92kB)
8206182015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (766kB)
8206182015_Kata_Pengantar.pdf
Download (192kB)
8206182015_Abstrak.pdf
Download (87kB)
8206182015_Daftar_Isi.pdf
Download (154kB)
8206182015_Daftar_Tabel.pdf
Download (144kB)
8206182015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
8206182015_Daftar_Gambar.pdf
Download (57kB)
8206182015_BAB_I.pdf
Download (513kB)
8206182015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
8206182015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (507kB)
8206182015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8206182015_BAB_V.pdf
Download (126kB)
8206182015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (324kB)
8206182015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan, berbagai apsek kehidupan tentumya juga berkembang termasuk aspek pendidikan khususnya pada bidang sains (IPA). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2024 di SMP/MTsN Serdang Bedagai, instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, berupa lembar angket, lembar observasi dan butir soal. Penelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), teknik analisis data digunakan untuk menghitung kevalidan dari para validator, respon pendidik danpeserta didik, dan keefektifan bahan ajar. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas VII MTsN Serdang Bedagai, Modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTsN Serdang Bedagai, dan Modul IPA berbasis Inkuiri terbimbing efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTsN Serdang Bedagai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA yang didasari oleh keterampilan proses sains lebih mudah memahami dan mempelajari materi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.3 Sih p |
| Keywords: | Modul pembelajaran, inkuiri terbimbing, Ilmu Pengetahuan Alam |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:43 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 01:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61574 |
