Meha, Nurhabibah (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 105278 TANDAM HILIR II. Masters thesis, UNIMED.
8226181010_Cover.pdf
Download (348kB)
8226181010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8226181010_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
8226181010_Abstrak.pdf
Download (2MB)
8226181010_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
8226181010_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
8226181010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (2MB)
8226181010_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
8226181010_BAB_I.pdf
Download (3MB)
8226181010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8226181010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8226181010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8226181010_BAB_V.pdf
Download (326kB)
8226181010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (391kB)
8226181010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pembelajaran Problem Based Learning yang layak, praktis dan efektif. Penelitian dilaksanakan di SDN 105278 Tandam Hilir II. Subjek penelitian ini adalah kelas IV sebanyak 22 orang siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validasi ahli materi 90,66% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli bahasa 93,33% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli desain 100% kriteria sangat valid. Dari hasil validasi para ahli lembar Kerja Peserta Didik layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil respon siswa diperoleh uji coba kelompok kecil 90,48% kriteria sangat praktis, Hasil uji coba lapangan 91,56% kriteria sangat praktis. Dari hasil respon siswa dinyatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik praktis untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil uji coba lapangan telah diperoleh bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 105278 Tandam Hilir II. Peningkatan terlihat pada nilai N-Gain dengan skor 0,6931 yang dinyatakan berkategori sedang. Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 100%. Artinya Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pembelajaran Problem Based Learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika siswa di kelas IV SDN 105278 Tandam Hilir II.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 375 Meh p |
| Keywords: | Hasil Belajar,LKPD, Model PBL. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:27 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 00:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61567 |
