Rahmadani, Novita (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI MAPN 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121040_Cover.pdf
Download (78kB)
4203121040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4203121040_Abstrak.pdf
Download (132kB)
4203121040_Kata_Pengantar.pdf
Download (916kB)
4203121040_Daftar_Isi.pdf
Download (125kB)
4203121040_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
4203121040_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
4203121040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (76kB)
4203121040_BAB_I.pdf
Download (257kB)
4203121040_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
4203121040_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
4203121040_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
4203121040_BAB_V.pdf
Download (91kB)
4203121040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
4203121040_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian kinerja praktikum pada materi getaran harmonik dan menganalisis kelayakan instrument penilaian kinerja praktikum ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan instrumen. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika sebagai validator dan dua guru fisika, serta siswa kelas X-8 dan X-9 MAPN 4 Medan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan yang diperoleh validitas ahli sebesar 1,00 dengan kategori sangat memuaskan (excellent), Tingkat kepraktisan sebesar 84,74% dalam kategori sangat baik. Tingkat keefektifan instrumen diperoleh berdasarkan hasil analisis data independent uji sample t test skor akhir kemampuan siswa dan soal test. Berdasarkan hasil tersebut, tingkat keefektifan instrument penilaian kinerja praktikum pada materi getaran harmonik ini dinyatakan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penilaian kinerja; Praktikum; Getaran harmonik; Laboratorium; Rubrik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:55 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 08:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61536 |
