Silvia, Fenny (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI NO. 101771 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1123111035 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
02. NIM 1123111035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
03. NIM 1123111035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
04. NIM 1123111035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
05. NIM 1123111035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. NIM 1123111035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 1123111035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM 1123111035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 1123111035 BAB I .pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM 1123111035 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 1123111035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat bangun datar dalam mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri No. 101771 Tembung. Sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pada mata pelajarran Matematika materi pokok sifat-sifat bangun datar .
Menurut Hamzah Uno, (2011:213) “Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang relative menetap dalam diri seseorang sebagai akibat dari interaksi seseorang dengan lingkungannya”. Saminanto (2010:37) menyatakan bahwa “salah satu keunggulan … snowball throwing adalah “siswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir karena diberikan kesempatan untuk membuat soal dan diberikan pada siswa lain”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.
Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 4 orang siswa (13,33%). Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 13 orang siswa (43,33%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 25 orang siswa (83,33%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri No.101771 Tembung. Oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa (student centered), terutama untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 066 |
Keywords: | Snowball Throwing; Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 03:46 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6152 |