Simamora, Gloria Rosalina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3203321014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Cover.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 3203321014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (429kB)
![[thumbnail of 3203321014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Abstrak.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 3203321014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 3203321014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Daftar_Gambar.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of 3203321014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Daftar_Tabel.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 3203321014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of 3203321014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Daftar_Isi.pdf
Download (304kB)
![[thumbnail of 3203321014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_BAB_I.pdf
Download (405kB)
![[thumbnail of 3203321014_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
![[thumbnail of 3203321014_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (940kB)
![[thumbnail of 3203321014_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 3203321014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_BAB_V.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 3203321014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 3203321014_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203321014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah, (2) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analyze (Analisis), Designe (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek uji kelompok besar sebanyak 25 siswa kelas XI IPS 2 SMA Swasta Eria Medan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, lembar penilaian angket validator, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran infografis berbasis flipbook layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah dengan hasil validasi ahli materi sebesar 95,83%, ahli media sebesar 96,36%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,71% dan uji kelompok besar sebesar 94,34% sehingga kelayakan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dikategorikan “sangat layak”. Keefektifan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dianalisis berdasarkan rumus N-Gain dari hasil belajar siswa pada skor rata -rata pre-test sebesar 41,4 dan skor rata-rata post-test sebesar 86,4, dari hasil yang diperoleh bahwa hasil post-test lebih tinggi dibandingkan hasil pre-test hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran infografis berbasis flipbook. Persentase N-Gain yang diperoleh adalah 77% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dan keefektifan media dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran infografis berbasis flipbook untuk kelas XI SMA Swasta Eria Medan sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Infografis Berbasis Flipbook |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:48 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61517 |