PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA SWASTA ERIA MEDAN

Simamora, Gloria Rosalina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203321014_Cover.pdf] Text
3203321014_Cover.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 3203321014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203321014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 3203321014_Abstrak.pdf] Text
3203321014_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 3203321014_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203321014_Kata_Pengantar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3203321014_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203321014_Daftar_Gambar.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 3203321014_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203321014_Daftar_Tabel.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 3203321014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203321014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 3203321014_Daftar_Isi.pdf] Text
3203321014_Daftar_Isi.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 3203321014_BAB_I.pdf] Text
3203321014_BAB_I.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 3203321014_BAB_II.pdf] Text
3203321014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[thumbnail of 3203321014_BAB_III.pdf] Text
3203321014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[thumbnail of 3203321014_BAB_IV.pdf] Text
3203321014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 3203321014_BAB_V.pdf] Text
3203321014_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 3203321014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203321014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 3203321014_Lampiran.pdf] Text
3203321014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah, (2) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analyze (Analisis), Designe (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek uji kelompok besar sebanyak 25 siswa kelas XI IPS 2 SMA Swasta Eria Medan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, lembar penilaian angket validator, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran infografis berbasis flipbook layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah dengan hasil validasi ahli materi sebesar 95,83%, ahli media sebesar 96,36%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,71% dan uji kelompok besar sebesar 94,34% sehingga kelayakan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dikategorikan “sangat layak”. Keefektifan media pembelajaran infografis berbasis flipbook dianalisis berdasarkan rumus N-Gain dari hasil belajar siswa pada skor rata -rata pre-test sebesar 41,4 dan skor rata-rata post-test sebesar 86,4, dari hasil yang diperoleh bahwa hasil post-test lebih tinggi dibandingkan hasil pre-test hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran infografis berbasis flipbook. Persentase N-Gain yang diperoleh adalah 77% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dan keefektifan media dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran infografis berbasis flipbook untuk kelas XI SMA Swasta Eria Medan sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Infografis Berbasis Flipbook
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:48
Last Modified: 19 Jun 2025 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61517

Actions (login required)

View Item
View Item