Syahfitri, Afifaturrizka (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP DI KELAS V SDN 064027 KARANG SARI MEDAN POLONIA. Masters thesis, UNIMED.
8226182005_Cover.pdf
Download (44kB)
8226182005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8226182005_Kata_Pengantar.pdf
Download (114kB)
8226182005_Abstrak.pdf
Download (182kB)
8226182005_Daftar_Isi.pdf
Download (415kB)
8226182005_Daftar_Tabel.pdf
Download (178kB)
8226182005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (149kB)
8226182005_Daftar_Gambar.pdf
Download (6MB)
8226182005_BAB_I.pdf
Download (220kB)
8226182005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226182005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226182005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226182005_BAB_V.pdf
Download (86kB)
8226182005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
8226182005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis pada materi pecahan di kelas V SD. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik total sampling, dimana kelas VA diberikan pembelajaran Realistic Mathematic Education sebagai kelas eksperimen dan kelas VB diberikan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Intrumen pada penelitian ini tes butir soal untuk mengetahui pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji manova, n-gain dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata postest lebih besar dibandingkan kelas pretest. Hasil uji manova data postest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai 0,05 > 0,00, yang berarti terdapat pengaruh RME terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematis. Peningkatan N-Gain pemahaman konsep pada kelas kontrol sebesar 0,40 (kategori sedang) dan penalaran matematis sebesar 0,44 (Kategori sedang). Nilai uji korelasi sebesar 0,778 (kategori tinggi) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif pemahaman konsep dengan penalaran matematis
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.7 Sya p |
| Keywords: | Realistic Mathematic Education, Pemahaman, Penalaran |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:38 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 02:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61504 |
