PEMANFAATAN SAPO LITERASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MASYARAKAT DI DESA SAMURA KABANJAHE KABUPATEN KARO ( 2018- 2022 )

Br Gurusinga, Elia Dwi Septania (2024) PEMANFAATAN SAPO LITERASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MASYARAKAT DI DESA SAMURA KABANJAHE KABUPATEN KARO ( 2018- 2022 ). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203321003_Cover.pdf] Text
3203321003_Cover.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 3203321003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203321003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 3203321003_Abstrak.pdf] Text
3203321003_Abstrak.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 3203321003_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203321003_Kata_Pengantar.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 3203321003_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203321003_Daftar_Tabel.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 3203321003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203321003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 3203321003_Daftar_Isi.pdf] Text
3203321003_Daftar_Isi.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 3203321003_BAB_I.pdf] Text
3203321003_BAB_I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 3203321003_BAB_II.pdf] Text
3203321003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[thumbnail of 3203321003_BAB_III.pdf] Text
3203321003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[thumbnail of 3203321003_BAB_IV.pdf] Text
3203321003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203321003_BAB_V.pdf] Text
3203321003_BAB_V.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 3203321003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203321003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 3203321003_Lampiran.pdf] Text
3203321003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manfaat Sapo literasi sebagai sumber belajar sejarah, untuk mengetahui dampak apa saja dari Sapo Literasi pada sumber belajar sejarah dan apa saja fungsi sapo literasi sebagai sumber belajar sejarah. Metode yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan dengan pihak pendiri Sapo Literasi, guru SMK 1 Berastagi, dan masyarakat desa Samura. Berdasarkan hasil penelitian, Sapo literasi merupakan suatu wadah untuk belajar yang dibentuk oleh pemuda karo yaitu Forum Pemuda dan Pemudi Pendidikan Karo (FPPPK). Sapo literasi ini merupakan suatu tempat belajar yang berdiri di Desa Samura Kabanjahe. Tempat ini merupakan semacam tempat dengan pemanfaatan dan fungsi yang sama dengan Taman Bacaan Masyarakat. Namun penyebutan bahasanya saja yang berbeda, karena Sapo ini diambil dari bahasa karo yang berarti gubuk. Fungsi Sapo literasi ini bagi sumber belajar sejarah yaitu sebagai wadah untuk membaca dan mencari buku bacaan bagi anak- anak yang ada disekitar desa Samura dan bagi guru yang memerlukan bahan bacaan untuk dijadikan bahan ajar nya disekolah, maupun berfungsi bagi masyarakat yaitu untuk membantu dalam mendidik dan mengerjakan tugas anak- anak dari orang tua yang ada dimasyarakat sekitar. Selain berfungsi sebagai tempat membaca dan mencari bahan bacaan Sapo Literasi berfungsi sebagai wadah untuk berdiskusi kelompok sejarah. Dampak yang dapatkan dari adanya Sapo Literasi pun juga ada, yaitu anak- anak semakin giat dalam membaca karena sudah tersedia tempat untuk membaca dan pernah membuat dua kali seminar sejarah pahlawan Nasional dari tanah karo dengan sebagai pesertanya dari SMA yang ada di Kabupaten Karo. Para pemuda karo dari FPPPK memiliki perannya masing- masing guna menjadikan Sapo literasi sebagai tempat maupun wadah bagi masyarakat desa Samura dan juga bagi guru untuk belajar dan berdiskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sapo Literasi, Sumber Belajar Sejarah, Desa Samura
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:25
Last Modified: 19 Jun 2025 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61488

Actions (login required)

View Item
View Item