PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON STORY MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 11 TAMBA DOLOK

SILALAHI, YOHANA OLIVIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON STORY MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 11 TAMBA DOLOK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111014_Cover.pdf] Text
1202111014_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1202111014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of 1202111014_Abstrak.pdf] Text
1202111014_Abstrak.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 1202111014_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111014_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1202111014_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111014_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1202111014_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111014_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1202111014_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111014_Daftar_Tabel.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1202111014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1202111014_BAB_I.pdf] Text
1202111014_BAB_I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 1202111014_BAB_V.pdf] Text
1202111014_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1202111014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis plotagon story pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 11 Tamba Dolok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang peserta didik dan 1 orang guru kelas IV SD Negeri 11 Tamba Dolok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis plotagon story mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 11 Tamba Dolok, menunjukkan hasil kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh persentase kelayakan 94% kategori “Sangat Layak” dan hasil kelayakan media oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan 97% kategori “Sangat Layak”. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 95% kategori “Sangat Praktis”, hasil respon peserta didik diperoleh 97,6% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media didapatkan hasil bahwa setelah media pembelajaran video animasi berbasis plotagon story digunakan dalam pembelajaran terlihat adanya peningkatan hasil belajar dari setiap peserta didik. Nilai rata-rata hasil belajar sebelumnya adalah 61,6 dengan kategori “Tidak Tuntas” dan mengalami peningkatan menjadi 94,5 dengan kategori “Tuntas” dengan perolehan N-gain Score sebesar 0,87 dengan kategori “Tinggi” dan N-gain (%) sebesar 87,2% dengan kategori “Efektif”. Kesimpulannya, media pembelajaran video animasi berbasis Plotagon Story ini layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Plotagon Story, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 02:01
Last Modified: 08 May 2025 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61462

Actions (login required)

View Item
View Item