Br Tarigan, Mia Angelina (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
7181141019_Cover.pdf
Download (308kB)
7181141019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7181141019_Abstrak.pdf
Download (630kB)
7181141019_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7181141019_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7181141019_Daftar_Gambar.pdf
Download (298kB)
7181141019_Daftar_Tabel.pdf
Download (571kB)
7181141019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (299kB)
7181141019_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7181141019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
7181141019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7181141019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7181141019_BAB_V.pdf
Download (942kB)
7181141019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (558kB)
7181141019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar
siswa kelas xii ips sma negeri 1 kabanjahe. Oleh karena itu peneliti mencoba
meneliti faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut yaitu minat belajar dan
fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar
dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan
kuesioner dan pengamatan langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XII IPS , sedangkan sample dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa.
Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan total sampling
yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sample.pengumpulan data digunakan
dengan menyebarkan kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan
mengunakan analisis regresi linier bergada dengan menggunakan sofware SPSS
22.
Kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan adalah (1) persamaan regresi
berganda Y = 44.984 + 0,485X₁ + 0,448X₂ dimana fasilitas belajar mendominasi
pengaruhnya terhadap hasil belajar. (2) Minat Belajar secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. (3) Fasilitas Belajar secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (4) Minat Belajar dan
Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. (5)
kontribusi minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa
kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe T.A 2022/2023 adalah Sebesar 11,5%.
Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara Minat Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil
Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe T.A 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 03:23 |
| Last Modified: | 21 Jun 2025 06:09 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61455 |
