PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DAN ANIMASI TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA

FAHREZA, WIWID (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DAN ANIMASI TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111144_Cover.pdf] Text
1203111144_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111144_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111144_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111144_Abstrak.pdf] Text
1203111144_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203111144_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111144_Kata_Pengantar.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 1203111144_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111144_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1203111144_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111144_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203111144_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111144_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203111144_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111144_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203111144_BAB_I.pdf] Text
1203111144_BAB_I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 1203111144_BAB_V.pdf] Text
1203111144_BAB_V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1203111144_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111144_Daftar_Pustaka.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran augmented reality dan animasi tiga dimensi (3D) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V materi prisma dan tabung di SD Negeri 101765 Tahun Ajaran 2023/2024 dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang lebih tinggi antara media pembelajaran augmented reality dan animasi tiga dimensi (3D). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Sampel penelitian sebanyak 44 peserta didik dengan 22 peserta didik dari kelas V A dan 22 peserta didik dari kelas V B. Kelas V A sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran augmented reality dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran animasi tiga dimensi (3D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Nilai rata-rata pretest kelas V A adalah 56,18 dan nilai posttestnya adalah 79,63, sedangkan rata-rata pretest kelas V B adalah 41,81 nilai posttestnya 64,9. Ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran augmented reality dan animasi tiga dimensi (3D) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hasil t-test, nilai Sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran augmented reality lebih tinggi atau unggul dari pada menggunakan media pembelajaran animasi tiga dimensi (3D) pada kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Augmented Reality, Animasi 3D, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 02:03
Last Modified: 08 May 2025 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61454

Actions (login required)

View Item
View Item