FAHREZA, WIWID (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DAN ANIMASI TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111144_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Cover.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1203111144_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111144_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Abstrak.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 1203111144_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Kata_Pengantar.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of 1203111144_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 1203111144_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 1203111144_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1203111144_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1203111144_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_BAB_I.pdf
Download (460kB)
![[thumbnail of 1203111144_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_BAB_V.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 1203111144_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111144_Daftar_Pustaka.pdf
Download (480kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran augmented reality dan animasi tiga dimensi (3D) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V materi prisma dan tabung di SD Negeri 101765 Tahun Ajaran 2023/2024 dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang lebih tinggi antara media pembelajaran augmented reality dan animasi tiga dimensi (3D). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Sampel penelitian sebanyak 44 peserta didik dengan 22 peserta didik dari kelas V A dan 22 peserta didik dari kelas V B. Kelas V A sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran augmented reality dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran animasi tiga dimensi (3D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Nilai rata-rata pretest kelas V A adalah 56,18 dan nilai posttestnya adalah 79,63, sedangkan rata-rata pretest kelas V B adalah 41,81 nilai posttestnya 64,9. Ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran augmented reality dan animasi tiga dimensi (3D) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hasil t-test, nilai Sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran augmented reality lebih tinggi atau unggul dari pada menggunakan media pembelajaran animasi tiga dimensi (3D) pada kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Augmented Reality, Animasi 3D, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:03 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61454 |