PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU

Sijabat, Nasrani Agnesia Aslidia (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121036_Cover.pdf] Text
4203121036_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4203121036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4203121036_Abstrak.pdf] Text
4203121036_Abstrak.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4203121036_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121036_Kata_Pengantar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4203121036_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121036_Daftar_Isi.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4203121036_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121036_Daftar_Gambar.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4203121036_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121036_Daftar_Tabel.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4203121036_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121036_Daftar_Lampiran.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4203121036_BAB_I.pdf] Text
4203121036_BAB_I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4203121036_BAB_V.pdf] Text
4203121036_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4203121036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA Negeri 1 Siempatnempu, dengan hasil belajar yang masih tergolong rendah ditandai dengan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian two group (pretest-posttest) design. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran problem based learning dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 36,22 dengan standar deviasi 11,96 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 32,44 dengan standar deviasi 12,10. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 75,11 dengan standar deviasi 14,11 dan kelas kontrol 65,11 dengan standar deviasi 13,86. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 72,11 yang termasuk dalam kriteria aktif. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung=2,76 dan ttabel=1,67 sehingga thitung>ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA Negeri 1 Siempatnempu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:21
Last Modified: 19 Mar 2025 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61453

Actions (login required)

View Item
View Item