Sijabat, Nasrani Agnesia Aslidia (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203121036_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Cover.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 4203121036_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 4203121036_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Abstrak.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 4203121036_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Kata_Pengantar.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 4203121036_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Daftar_Isi.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of 4203121036_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Daftar_Gambar.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 4203121036_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Daftar_Tabel.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 4203121036_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 4203121036_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_BAB_I.pdf
Download (365kB)
![[thumbnail of 4203121036_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_BAB_V.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 4203121036_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (290kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA Negeri 1 Siempatnempu, dengan hasil belajar yang masih tergolong rendah ditandai dengan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian two group (pretest-posttest) design. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran problem based learning dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 36,22 dengan standar deviasi 11,96 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 32,44 dengan standar deviasi 12,10. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 75,11 dengan standar deviasi 14,11 dan kelas kontrol 65,11 dengan standar deviasi 13,86. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 72,11 yang termasuk dalam kriteria aktif. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung=2,76 dan ttabel=1,67 sehingga thitung>ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA Negeri 1 Siempatnempu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 03:21 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61453 |