PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS FABEL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR

Saragih, Victorya Dumaris (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS FABEL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226192011_Cover.pdf] Text
8226192011_Cover.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8226192011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226192011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of 8226192011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226192011_Kata_Pengantar.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 8226192011_Abstrak.pdf] Text
8226192011_Abstrak.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 8226192011_Daftar_Isi.pdf] Text
8226192011_Daftar_Isi.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 8226192011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226192011_Daftar_Tabel.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 8226192011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226192011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 8226192011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226192011_Daftar_Gambar.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 8226192011_BAB_I.pdf] Text
8226192011_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226192011_BAB_V.pdf] Text
8226192011_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226192011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226192011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan cerita fable sebagai bahan ajar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal pada siswa-i kelas VII SMPN 4 Pematangsiantar, mengetahui bentuk materi ajar teks fabel berbasis kearifan lokal dan kelayakan materi ajar teks fabel sebagai pengembangan materi ajar berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada siswa-i kelas VII SMPN 4 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Pengumpulan informasi penelitian, Perencanaan, Pengembangan desain produk, Validasi desain produk, Revisi desain produk, uji coba produk dan Revisi produk operasional. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi dengan lembar penilaian berdasarkan ahli materi, ahli desain, respon guru serta uji coba perorangan peserta didik dan uji coba lapangan terbatas sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pada pengembangan materi ajar yang terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada siswa kelas VII SMPN Pematangsiantar dibuat dalam buku materi ajar sebanyak 36 (tiga puluh enam) halaman yang bertujuan membangun keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam memahami dan menganalisis nilai-nilai kearifan lokal budaya batak toba; (2). Bentuk materi ajar teks fabel berbasis kearifan lokal pada siswa-i kelas VII SMPN 4 Pematangsiantar disusun berdasarkan materi yang sesuai untuk siswa kelas VII dan menggunakan bahasa serta tampilan yang menarik; (3). Kelayakan materi ajar teks sebagai pengembangan materi ajar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada siswa kelas VII SMPN Pematangsiantar berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai sebesar 72% dan 97% dengan kategori sangat layak. Kemudian penilaian desain dilakukan oleh ahli desain dengan rata-rata hasil penilaian akhir ahli desain adalah 51% dan 80% dengan kategori layak. Penilaian juga dilakukan oleh 4 (empat) guru bahasa Indonesia yang berada di SMPN 4 Pematangsiantar dengan presentase 95%. Berikutnya hasil uji lapangan terbatas dilakukan terhadap 30 peserta didik kelas VII SMPN 4 Pematangsiantar dan mendapatkan rata-rata 91% berada pada kategori sangat layak. Maka materi ajar teks fabel berbasis kearifan lokal batak toba sangat layak digunakan pada kelas VII SMPN 4 Pematangsiantar. Sehingga kelayakan materi ajar teks fabel sebagai pengembangan materi ajar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal berdasarkan penilaian ahli materi, ahli desain, respon guru dan uji coba lapangan terbatas berada pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.72 Sar p
Keywords: Materi Ajar, Teks Fabel dan Kearifan Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Mar 2025 07:48
Last Modified: 23 Apr 2025 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61400

Actions (login required)

View Item
View Item