PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA

Harliana, Isma (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of Judul.pdf]
Preview
Text
Judul.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan-persetujuan-plagiat.pdf]
Preview
Text
Lembar pengesahan-persetujuan-plagiat.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa menengah dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Kimia termasuk dalam kategori sangat layak (89,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak (84,38%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak (88,15%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (92,92%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,00%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (95,46%).
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan menggunakan media Presentasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 3,76 sedangkan ttabel = 1,98 pada α=0,05 dengan dk 70. Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, yaitu 3,76>1,98. Efektifitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Kimia adalah sebesar 76,90% dan dikategorikan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Har p
Keywords: Hakikat belajar; Pembelajaran kimia; Media pembelajaran; Multimedia presentasi; Software
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jul 2016 08:57
Last Modified: 18 Jul 2016 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item
View Item