Harliana, Isma (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
Judul.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Lembar pengesahan-persetujuan-plagiat.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstrak.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa menengah dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Kimia termasuk dalam kategori sangat layak (89,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak (84,38%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak (88,15%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (92,92%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,00%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (95,46%).
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan menggunakan media Presentasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 3,76 sedangkan ttabel = 1,98 pada α=0,05 dengan dk 70. Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, yaitu 3,76>1,98. Efektifitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Kimia adalah sebesar 76,90% dan dikategorikan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Har p |
Keywords: | Hakikat belajar; Pembelajaran kimia; Media pembelajaran; Multimedia presentasi; Software |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 08:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6136 |