PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD SWASTA GALILEO PLUS MABAR T.A. 2024/2025

Sitinjak, Rutiah Destriana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD SWASTA GALILEO PLUS MABAR T.A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411024_Cover.pdf] Text
1202411024_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1202411024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of 1202411024_Abstrak.pdf] Text
1202411024_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1202411024_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411024_Kata_Pengantar.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 1202411024_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411024_Daftar_Isi.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1202411024_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411024_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1202411024_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411024_Daftar_Tabel.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1202411024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1202411024_BAB_I.pdf] Text
1202411024_BAB_I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 1202411024_BAB_V.pdf] Text
1202411024_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1202411024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang di kelas V SD Swasta Galileo Plus Mabar T.A. 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan Pre Eksperimen One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, dimulai dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Proses perhitungan yang dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian menggunakan IBM SPSS Statistik tipe 26. Sebelum menerapkan model PMR, peneliti melakukan uji validitas instrument kepada 35 siswa kelas VI SD Negeri 107400 Bandar Khalipah sebanyak 40 soal dan diperoleh 23 soal dengan kategori valid. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 34 siswa kelas V SD Swasta Galileo Plus Mabar. Selanjutnya peneliti melakukan uji pretest sebelum diberikan perlakuan pada sampel dengan jumlah rata-rata nilai siswa 56,01. Penerapan model PMR dilakukan setelah pretest dan disusul dengan posttest. Hasil posttest siswa adalah 80,44. Perbandingan nilai pretest dan posttest meningkat sebanyak 24,43. Berdasarkan hasil uji normalitas pada penelitian ini diketahui skor rata-rata dari pretest dan posttest berdistribusi normal, selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent t test karena data pada penelitian berdistribusi normal sehingga diperoleh hasil uji hipotesis thitung> ttabel 0,111 > 0,05. Dengan demikian maka nilai Ha diterima, dan Ho ditolak. Sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran PMR terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V Sd Galileo Plus Mabar T.A. 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Realistik, Matematika, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:28
Last Modified: 12 Jun 2025 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61298

Actions (login required)

View Item
View Item