Tesalonika RH, Anggie Novita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN KELAS XI MPLB SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144019_Cover.pdf
Download (460kB)
7193144019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7193144019_Abstrak.pdf
Download (942kB)
7193144019_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
7193144019_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7193144019_Daftar_Gambar.pdf
Download (446kB)
7193144019_Daftar_Tabel.pdf
Download (447kB)
7193144019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (448kB)
7193144019_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7193144019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7193144019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7193144019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7193144019_BAB_V.pdf
Download (719kB)
7193144019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7193144019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MPLB 3 dan 6 di SMK Negeri 7 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini terdiri dari 64 siswa SMK Negeri 7 Medan tahun ajaran 2023–2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB. Tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa terdiri dari 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas dengan menggunakan excel. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan rumus
uji “t” merupakan teknik analisis data yang diuji menggunakan SPSS Statistic 22 for Windows. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 2 eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dimana kelas eksperimen pertama dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen kedua menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Sebelum model pembelajaran dilakukan, diberikan pretest dengan nilai rata-rata di kelas eksperimen pertama 56.4 dan pada kelas eksperimen kedua 47.18. Setelah model pembelajaran dilakukan dan diberikan posttest, diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen pertama 83.9 dan pada kelas eksperimen kedua 74.53. Kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan namun rata-rata peningkatan hasil belajar pada eksperimen I lebih tinggi
dibandingkan kelas eskperimen II. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Project Based Learning, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 02:31 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 03:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61293 |
