PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN KELAS XI MPLB SMK NEGERI 7 MEDAN

Tesalonika RH, Anggie Novita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN KELAS XI MPLB SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7193144019_Cover.pdf] Text
7193144019_Cover.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 7193144019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193144019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193144019_Abstrak.pdf] Text
7193144019_Abstrak.pdf

Download (942kB)
[thumbnail of 7193144019_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193144019_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7193144019_Daftar_Isi.pdf] Text
7193144019_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193144019_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193144019_Daftar_Gambar.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 7193144019_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193144019_Daftar_Tabel.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 7193144019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193144019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 7193144019_BAB_I.pdf] Text
7193144019_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7193144019_BAB_V.pdf] Text
7193144019_BAB_V.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of 7193144019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193144019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning dan Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar
siswa kelas XI MPLB 3 dan 6 di SMK Negeri 7 Medan. Sampel yang digunakan
dalam penelitian eksperimen ini terdiri dari 64 siswa SMK Negeri 7 Medan tahun
ajaran 2023–2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB. Tes
yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa terdiri dari 20 soal pilihan ganda,
yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas dengan
menggunakan excel. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan rumus
uji “t” merupakan teknik analisis data yang diuji menggunakan SPSS Statistic 22 for
Windows. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 2 eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran yang berbeda.
Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dimana kelas eksperimen pertama
dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
kelas eksperimen kedua menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
(PjBL). Sebelum model pembelajaran dilakukan, diberikan pretest dengan nilai ratarata di kelas eksperimen pertama 56.4 dan pada kelas eksperimen kedua 47.18.
Setelah model pembelajaran dilakukan dan diberikan posttest, diperoleh nilai rata-rata
pada kelas eksperimen pertama 83.9 dan pada kelas eksperimen kedua 74.53. Kedua
kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan
namun rata-rata peningkatan hasil belajar pada eksperimen I lebih tinggi
dibandingkan kelas eskperimen II. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil
belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learnig (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Project Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:31
Last Modified: 18 Mar 2025 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61293

Actions (login required)

View Item
View Item