PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE

SIREGAR, ROSANTI M (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111119_Cover.pdf] Text
1203111119_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1203111119_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111119_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 1203111119_Abstrak.pdf] Text
1203111119_Abstrak.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1203111119_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111119_Kata_Pengantar.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 1203111119_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111119_Daftar_Isi.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 1203111119_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111119_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203111119_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111119_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203111119_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111119_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111119_BAB_I.pdf] Text
1203111119_BAB_I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 1203111119_BAB_V.pdf] Text
1203111119_BAB_V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1203111119_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111119_Daftar_Pustaka.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas media interaktif ular tangga, praktikalitas media interaktif ular tangga serta efektivitas media media ular tangga yang dikembangkan, pada mata pelajaran IPAS materi sumber daya alam. Metode penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media interaktif ular tangga memperoleh hasil dengan kategori sangat valid. Adapun hasil yang didapatkan dari ahli materi yaitu sebesar 88% dan hasil yang didapatkan dari ahli media yaitu sebesar 95%. Sehingga didapatkan rata-rata hasil validasi media sebesar 91,5% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas didapatkan rata-rata sebesar 94%, dengan kategori sangat praktis. Dalam uji efektivitas, nilai rata-rata pretest diperoleh sebesar 46,3 dan rata-rata hasil posttest diperoleh sebesar 81,3. Kemudian dilakukan uji efektivitas menggunakan rumus n-gain dan diperoleh hasil rata-rata sebesar 0,67 dengan kategori “efektivitas sedang”. Sehingga disimpulkan bahwa media nteraktif ular tangga sangat valid, dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. meddia interaktif ular tangga juga cukup efektif serta berpengaruh positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Media Ular Tangga.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:33
Last Modified: 12 Jun 2025 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61236

Actions (login required)

View Item
View Item