PURBA, ROBY ZULFIANDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BEBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA TEMA 5 SUB TEMA 1 KELAS V SD NEGERI 101987 BINTANG BAYU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1181111037_Cover.pdf
Download (246kB)
1181111037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (839kB)
1181111037_Abstrak.pdf
Download (348kB)
1181111037_Daftar_Tabel.pdf
Download (318kB)
1181111037_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
1181111037_Daftar_Tabel.pdf
Download (318kB)
1181111037_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
1181111037_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
1181111037_BAB_I.pdf
Download (588kB)
1181111037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1181111037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1181111037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1181111037_BAB_V.pdf
Download (410kB)
1181111037_Daftar_Pustaka.pdf
Download (276kB)
1181111037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw bebantuan Articulate Storyline pada tema 5 sub tema 1 kelas V SD Negeri 101987 Bintang Bayu. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101987 Bintang Bayu. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa siswi kelas V di SD Negeri 101987 Bintang Bayu berjumlah 12 siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur penelitian akan dilakukan melalui 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan media, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini yakni: media pembelajaran interaktif berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw bebantuan Articulate Storyline pada tema 5 sub tema 1 kelas V SD Negeri 101987 Bintang Bayu memperoleh skor kelayakan untuk ahli media sebesar 4,73 (Sangat Layak), dan skor ahli materi sebesar 4,73 (Sangat Layak) sehingga berada dikategori “Sangat Layak” sebagai media pembelajaran. Skor praktikalitas memperoleh skor sebesar 97% berada dikategori “Sangat Layak atau Sangat Praktis” sebagai media pembelajaran. Skor efektifitas berada dikategori “Efektif” sebagai media pembelajaran. Hal tersebut terbukti dengan skor yang diperoleh dari ahli media sebesar 0,66 (Efektif), hal tersebut terbukti dengan hasil uji normalitas gain yang memperoleh 0,66 yang masuk pada rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 pada kategori efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, Cooperative Learning, Articulate Storyline. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 08:06 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61225 |
