PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATERI ROTI PADA SISWA KELAS XI DI SMK TELKOM 2 MEDAN

Sari, Seprika (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATERI ROTI PADA SISWA KELAS XI DI SMK TELKOM 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122015_Cover.pdf] Text
8206122015_Cover.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8206122015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 8206122015_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122015_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 8206122015_Abstrak.pdf] Text
8206122015_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 8206122015_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122015_Daftar_Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8206122015_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206122015_Daftar_Tabel.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8206122015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206122015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8206122015_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206122015_Daftar_Gambar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8206122015_BAB_I.pdf] Text
8206122015_BAB_I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 8206122015_BAB_V.pdf] Text
8206122015_BAB_V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 8206122015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan iE-modul interaktif berbasis Projeck baed learning (Pjbl) Materi Roti pada siswa kelas XI di SMK Telkom 2 Medan dan efektifitas idari pengembangan iE-modul interaktif berbasis Projeck based learning (Pjbl) Materi Roti pada siswa kelas XI di SMK Telkom 2 Medan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan. Penelitian ini menggabungkan langkah-langkah dari model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah Materi Roti dan objek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Telkom 2 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai kualitas media dari dosen ahli materi mendapat persentase 98,33%%, dari dosen ahli media mendapat persentase 93,84% dan dari dosen ahli design mendapat persentase 90% yang semuanya tergolong dalam kategori sangat layak. Penilaian dari guru produk pastry dan bakry pada materi roti mengenai media pembelajaran e-modul mendapat 82,5% yang tergolong dalam kategor sangat layak. Nilai dari semua angket pendapat siswa mengenai media pembelajaran e-modul mendapat persentase 88,96% yang tergolong dalam kategori sangat layak. Hasil gain ternormalisasi dari pretes dan postes yang dilakukan pada perlakuan yang berbeda dari penerapan e-modul interaktif yang berbeda yaitu penggunaan e-modul interaktif berbasis android terhadap hasil postes yang menggunakan e-modul interaktif berbasis PJBL dengan hasil 0,38 pada rentang 0,2 < d ≤ 0,8 dengan “Efek Sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sar p
Keywords: e-Modul Interaktif, Projeck based learning ( PJBL), Materi Roti, SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:45
Last Modified: 23 Apr 2025 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61180

Actions (login required)

View Item
View Item