PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV DI SDN 115467 KANOPAN ULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SIREGAR, PUTRI UTARI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV DI SDN 115467 KANOPAN ULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111051_Cover.pdf] Text
1191111051_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1191111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of 1191111051_Abstrak.pdf] Text
1191111051_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1191111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 1191111051_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111051_Daftar_Isi.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 1191111051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111051_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1191111051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111051_Daftar_Tabel.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1191111051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1191111051_BAB_I.pdf] Text
1191111051_BAB_I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1191111051_BAB_V.pdf] Text
1191111051_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1191111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Game Edukasi
Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa tema 5 subtema 1
pembelajaran 1 di kelas IV SDN 115467 Kanopan Ulu. Jenis Penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA berjumlah 28 orang siswa sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas IV B berjumlah 28 orang siswa sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan
dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam
bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu telah di uji validitas,
reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya bed ates. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menyatakan
bahwa nilai nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest memiliki nilai 52,11 dan
posstest sebesar 81,34. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada pretest memiliki
nilai 54,79 dan posstest 70,62. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t
diperoleh Fhitung <Ftabel yaitu 0,5386796 < 0,5666251. Hal ini berarti hipotesis Ha
diterima yaitu terdapat hasil pengaruh penggunaan Game Edukasi Interaktif Berbasisis
Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 kelas
IV SDN 115467 Kanopan Ulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Game Eduksi Interaktif, Berbasis Macromedia Flash, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:26
Last Modified: 01 Jul 2025 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61173

Actions (login required)

View Item
View Item