EVALUASI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 35 MEDAN

Putri, Novita Ayu (2024) EVALUASI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 35 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122001_Cover.pdf] Text
8206122001_Cover.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 8206122001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 8206122001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122001_Kata_Pengantar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 8206122001_Abstrak.pdf] Text
8206122001_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 8206122001_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122001_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8206122001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206122001_Daftar_Tabel.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8206122001_BAB_I.pdf] Text
8206122001_BAB_I.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 8206122001_BAB_V.pdf] Text
8206122001_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 8206122001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui evaluasi konteks terhadap Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 35 Medan; b) mengetahui evaluasi input terhadap kstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 35 Medan; c) mengetahui evaluasi proses terhadap Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 35 Medan; d) mengetahui evaluasi projek terhadap Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 35 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi. Penelitian evaluasi merupakan kegiatan penelitian untuk mengumpulkan data, menyajikan informasi yang akurat dan objektif mengenai Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 35 Medan berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Peneliti melakukan distribusi instrument ceklis terhadap Pedoman Ekstrakurikuler Wajib Sekolah, Silabus dan RPP Kepramukaan, Pelaksanaan dan Penilaian Hasil Kegiatan Kepramukaan dan pembentukan karakter melalui Pramuka. Hasil penelitian evaluasi ini mengemukakan aspek konteks menunjukkan bahwa karakter siswa Pramuka sudah dilaksanakan dengan baik namun dukungan dari penyusunan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, aspek input sudah dilaksanakan dengan baik dengan komponen-komponen di dalam pembinaan kepramukaan di SMP Negeri 35 Medan, aspek proses pembentukan karakter siswa Pramuka dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka belum seluruhnya dimuat dalam dokumen perencanaan, aspek produk pembentukan karakter siswa Pramuka dalam pelaksanaan evaluasi dilakukan hanya secara mandiri berdasarkan pengamatan Pembina. Kebermanfaatan dari hasil evaluasi ini akan mengarahkan para pembina akan mewujudkan capaian pembelajaran yang kompleks dan membangun pertumbuhan pengalaman belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Put e
Keywords: evaluasi, ekstrakurikuler, Pramuka, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:52
Last Modified: 23 Apr 2025 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61170

Actions (login required)

View Item
View Item