PENGARUH KONSELING PERSEORANGAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI ANAK TUNGGAL DI SMK SWASTA YAPIM MEDAN T. A 2015/2016.

Jawak, Perdana Febriyo (2016) PENGARUH KONSELING PERSEORANGAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI ANAK TUNGGAL DI SMK SWASTA YAPIM MEDAN T. A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1113151028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1113151028 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1113151028  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1113151028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1113151028  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1113151028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.1113151028  PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.1113151028 PREPACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1113151028   TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1113151028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1113151028  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1113151028 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1113151028  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1113151028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1113151028  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1113151028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1113151028  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1113151028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1113151028  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1113151028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1113151028  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1113151028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pemberian layanan konseling perseorangan berpengaruh dalam meningkatkan empati anak tunggal di SMK Swasta Yapim Medan T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling perseorangan terhadap empati anak tunggal di SMK Swasta Yapim Medan T.A 2015/2016.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang terdiri dari 5 orang siswa yang merupakan anak tunggal dan mempunyai empati yang rendah, berusia 16-17 tahun yaitu usia matang secara hukum dan menyadari bahwa mereka mempunyai masalah empati yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat empati siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling perseorangan. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling perseorangan berpengaruh terhadap empati siswa SMK Swasta Yapim T. A 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n = 5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,022 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga empati siswa meningkat sesudah mengikuti konseling perseorangan pada anak tunggal di SMK Swasta Yapim Medan T. A 2015/2016, dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BK 010
Keywords: Konseling Perseorangan; Anak Tunggal;Empati.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 07:28
Last Modified: 15 Jul 2016 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6112

Actions (login required)

View Item
View Item