Simamora, Dhara Chiltya (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216171016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Cover.pdf
Download (625kB)
![[thumbnail of 8216171016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216171016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Kata_Pengantar.pdf
Download (490kB)
![[thumbnail of 8216171016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Abstrak.pdf
Download (711kB)
![[thumbnail of 8216171016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Daftar_Isi.pdf
Download (642kB)
![[thumbnail of 8216171016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Daftar_Tabel.pdf
Download (819kB)
![[thumbnail of 8216171016_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (510kB)
![[thumbnail of 8216171016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Daftar_Gambar.pdf
Download (792kB)
![[thumbnail of 8216171016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216171016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_BAB_V.pdf
Download (752kB)
![[thumbnail of 8216171016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (818kB)
Abstract
Multimedia interaktif merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang paling populer
dan memberikan peningkatan yang signifikan terhadap keberhasilan proses pembelajaran.
Tercapainya tujuan pembelajaran matematika dapat dilihat berdasarkan tingkat
kemampuan computational thinking dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian
ini dilakukan untuk mengembangkan multimedia interaktif yang dapat meningkatkan
kemampuan computational thinking dan motivasi belajar siswa. Penelitian pengembangan
ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Tunas Karya Batangkuis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi
kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan computational thinking
dan motivasi belajar siswa. Multimedia interaktif memperoleh nilai validitas sebesar 3,61
dengan kriteria sangat baik. Multimedia interaktif memperoleh nilai kepraktisan sebesar
3,41 (kategori sangat baik) dari angket respon dan 3,44 (kategori sangat baik) dari angket
keterlaksanaan pembelajaran. Efektivitas multimedia interaktif juga terlihat dari beberapa
aspek, termasuk tingkat ketuntasan klasikal siswa yang mencapai 92%, pencapaian tujuan
pembelajaran sebesar 80%, respons siswa yang sangat positif, serta tingkat aktivitas siswa
yang baik. Selain itu, penggunaan multimedia interaktif juga berhasil meningkatkan
kemampuan computational thinking sebesar 0,54 (kategori sedang) dan motivasi belajar
siswa sebesar 0,65 (kategori sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia
interaktif dapat memfasilitasi perkembangan kemampuan computational thinking dan
motivasi siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Interaktif, Computational Thinking, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:30 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61115 |