PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SOFTWARE FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X SEMESTER GENAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Sutri, Endah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SOFTWARE FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X SEMESTER GENAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216142011_Cover.pdf] Text
8216142011_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 8216142011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216142011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216142011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216142011_Kata_Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 8216142011_Abstrak.pdf] Text
8216142011_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8216142011_Daftar_Isi.pdf] Text
8216142011_Daftar_Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8216142011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216142011_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8216142011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216142011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8216142011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216142011_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8216142011_BAB_I.pdf] Text
8216142011_BAB_I.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 8216142011_BAB_V.pdf] Text
8216142011_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8216142011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216142011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis di Indonesia masih tergolong rendah dan dapat dilihat dari skor
PISA dimana pada tahun 2018, Indonesia berada pada urutan ke-74 dari 80 negara yang
mengikutinya. Hal ini terjadi karena peserta didik lebih mampu mengerjakan soal berbentuk
hapalan tanpa menguasai konsepnya. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa adalah dengan mengembangkan bahan ajar dan mengkolaborasikannya
dengan teknologi dan model pembelajaran agar lebih menarik dan mudah digunakan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berbentu e-modul berbasis
problem based learning pada materi kimia kelas X semester genap. Penelitian ini menggunakan
model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan,
impelementasi dan evaluasi. Produk divalidasi dengan 5 item validasi yaitu 9 validator dan
menghasilkan rata rata validasi pada 3 ahli materi sebesar 4.59 dengan kriteria layak, pada
validasi 1 ahli IT didapatkan hasil sebesar 4.82 dengan kategori sangat layak, pada validasi 1
ahli RnD didapatkan hasil sebesar 3.32 dengan kategori layak, pada validasi 1 ahli bahasa
didapatkan hasil sebesar 3.7 dengan kategori layak, dan hasil validasi dari 3 ahli praktisi
sebesar 4.65 dengan kategori layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh E
Modul berbasis problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan,
dimana pada hasil belajar nilai thitung (2.619) > ttabel (1.697), dan pada keterampilan berpikir
kritis nilai thitung (2.273) > ttabel (1.697). penelitian ini juga menunjukkan adanya korelasi positif
yang signifikan antara hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dimana pada rhitung (0.391)
> ttabel (0.3061). Respon peserta didik terhadap E-Modul yang dikembangkan berbasis problem
based learning berada pada kategori sangat baik, dimana didapat nilai rata rata persentase
sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan untuk dapat
menggunakan produk ini sebagai salah satu bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: ADDIE, E-Modul, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:09
Last Modified: 13 Mar 2025 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61111

Actions (login required)

View Item
View Item