Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pembelajaran Diferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Elvani, Cindi (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pembelajaran Diferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176001_Cover.pdf] Text
8226176001_Cover.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 8226176001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226176001_Abstrak.pdf] Text
8226176001_Abstrak.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 8226176001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226176001_Kata_Pengantar.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of 8226176001_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176001_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226176001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176001_Daftar_Tabel.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 8226176001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176001_Daftar_Gambar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 8226176001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8226176001_BAB_I.pdf] Text
8226176001_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226176001_BAB_V.pdf] Text
8226176001_BAB_V.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 8226176001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi suhu dan kalor dikelas XI SMA. Jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah 210 siswa kelas XI MIPA SMA Swasta Budi Agung Medan T.A 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan XI MIA 2 (kelas kontrol) diambil dengan teknik simple random sampling, masing masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen tes digunakan berbentuk essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data digunakan dengan uji manova, uji N-gain dan uji effect size. Nilai rata-rata postes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 74,91 dan kelas kontrol adalah 53,43. Nilai rata-rata postes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 75,37 dan kelas kontrol adalah 52,91. Hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji manova data postes menunjukkan adanya perbedaan signifikan, berarti terdapat pengaruh PBL dengan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Peningkatan N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen adalah 64% (kategori sedang) dan kemampuan pemecahan masalah adalah 60% (kategori sedang). Nilai uji effect size kemampuan berpikir kritis sebesar 2,22 (kategori efek sangat besar) dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 2,23 (kategori efek sangat besar) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sangat besar model PBL dengan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Elv p
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Diferensiasi, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:09
Last Modified: 30 Apr 2025 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61111

Actions (login required)

View Item
View Item