Septianingsih, Indah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Platform Amrita OLABS (Online Labs) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optik Geometri SMA Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421008_Cover.pdf
Download (391kB)
4202421008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (281kB)
4202421008_Abstrak.pdf
Download (412kB)
4202421008_Kata_Pengantar.pdf
Download (781kB)
4202421008_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
4202421008_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
4202421008_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
4202421008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (89kB)
4202421008_BAB_I.pdf
Download (606kB)
4202421008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202421008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (919kB)
4202421008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (790kB)
4202421008_BAB_V.pdf
Download (319kB)
4202421008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (470kB)
4202421008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan platform amrita OLABS (online labs) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optik geometri SMA Negeri 13 medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Medan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling. Instrumen atau Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning menggunakan platform amrita OLABS (online labs) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning menggunakan platform amrita OLABS (online labs) sebesar 35,84 dan rata-rata nilai posttest sebesar 82,23, sedangkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 36,51 dan rata rata nilai posttest sebesar 77,91. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 (sig.(2-tailed) < 0,05). Hal ini terbukti bahwa �0 ditolak yang berarti �� diterima atau dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan platform amrita OLABS pada materi optik geometri terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 13 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 535.2 Sep p |
| Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning, Platform amrita OLABS, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:09 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 03:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61111 |
