Abdurrahman, Annas (2016) PENGARUH KONSELING REMAJA STRATEGI SIMBOLIS TEKNIK RITUAL DALAM MENGURANGI TRAUMA KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 GEBANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113151003 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 1113151003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
3. NIM 1113151003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM 1113151003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM 1113151003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM 1113151003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 1113151003 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 1113151003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1113151003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
12. NIM 1113151003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. NIM 1113151003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh konseling remaja strategi simbolis teknik ritual dalam mengurangi trauma korbanbullying di SMA Negeri 1 Gebang T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling remaja strategi simbolis teknik ritual dalam mengurangi trauma korban bullying.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS yang terdiri dari 5 orang siswa yang mengalami trauma akibat perilaku bullying dan menyadari bahwa mereka mengalami trauma yang dilihat dari hasil pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat trauma yang dialami siswa korban bullying yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling remaja strategi simbolis teknik ritual. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling remaja strategi simbolis teknik ritual berpengaruh dalam mengurangi trauma korban bullying siswa kelas XI IISSMA Negeri 1 Gebang T.A 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung= 0, Dengan α = 0,05 dan n=5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama denganJtabel, maka Hipotesis Ho ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehinggatrauma yang dialami siswa korban bullying menurun sesudah mengikuti konseling remaja strategi simbolis teknik ritual pada kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Gebang T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 013 |
Keywords: | Trauma Korban Bullyng; Konseling; Teknik Ritual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 07:10 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6109 |