PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SAINS SISWA

Sigalingging, Marni Anggi (2024) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SAINS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421014_Cover.pdf] Text
4202421014_Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4202421014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 4202421014_Abstrak.pdf] Text
4202421014_Abstrak.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4202421014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421014_Kata_Pengantar.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4202421014_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421014_Daftar_Isi.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4202421014_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202421014_Daftar_Gambar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4202421014_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202421014_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4202421014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202421014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4202421014_BAB_I.pdf] Text
4202421014_BAB_I.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 4202421014_BAB_V.pdf] Text
4202421014_BAB_V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4202421014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Project Based Learning (Pjbl) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Sains Siswa Dan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Serta Literasi Sains Dan Hubungan Pemecahan Masalah Dan Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas X1 SMA. Metode Penelitian Kuasi Eksperimen Dengan Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi Penelitian Seluruh Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Yang Terdiri Dari 10 Kelas. Sampel Penelitian Terdiri Dari Dua Kelas, Yaitu Kelas XI IPA 7 Sebagi Kelas Kontrol Dengan Pembelajaran Konvensional Dan XI IPA 9 Sebagai Kelas Eksperimen, Yang Masing-Masing Terdiri Dari 33 Siswa. Kelas XI IPA 9 Merupakan Kelas Eksperimen Yang Diajarkan Menggunakan Model Pjbl Berbasis STEM. Kelas XI IPA 7 Adalah Kelas Kontrol Yang Diajarkan Dengan Pembelajaran Konvensional. Instrumen Penelitian Yang Digunakan Berupa Tes Yang Sudah Divalidasi. Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan 5 Soal Berbentuk Uraian Dan Literasi Sains Sebanyak 18 Soal Pilihan Berganda. Data Pretes Dan Postes Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Kelas Eksperimen Sebesar 37,18 Dan 75,03 Sedangkan Kelas Kontrol Sebesar 40,76 Dan 67,45. Data Pretes Dan Postes Literasi Sains Siswa Pada Kelas Eksperimen Sebesar 43,27 Dan 76,60 Sedangkan Kelas Kontrol Sebesar 44,11 Dan 70,71. Data Dianalisis Menggunakan Uji Manova, N-Gain, Dan Korelasi. Berdasarkan Hasil Analisis Data Diperoleh Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Sains Secara Signifikan Dengan Menerapkan Pjbl Berbasis STEM Pada Materi Gelombang Bunyi. Penerapan Pjbl Berbasis STEM Memberi Pengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Sains Siswa. Selain Pengaruh Dengan Pjbl Berbasis STEM Juga Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Sains. Berdasarkan Hasil Uji Korelasi Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Sains Memiliki Hubungan Positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning (PJBL); STEM; Kemampuan Pemecahan Masalah; Literasi Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:18
Last Modified: 25 Apr 2025 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61075

Actions (login required)

View Item
View Item