PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GOTONG-ROYONG DALAM TOLONG-MENOLONG SISWA KELAS V SD NEGERI 055981 BERUAM

Br Simanungkalit, Priska Nurlia (2024) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GOTONG-ROYONG DALAM TOLONG-MENOLONG SISWA KELAS V SD NEGERI 055981 BERUAM. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182029_Cover.pdf] Text
8226182029_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of 8226182029_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182029_Kata_Pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 8226182029_Abstrak.pdf] Text
8226182029_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182029_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182029_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182029_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8226182029_BAB_I.pdf] Text
8226182029_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 8226182029_BAB_V.pdf] Text
8226182029_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8226182029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital saat proses pembelajaran yang kurang maksimal,
memiliki dampak yang kuat terhadap hasil belajar siswa yang rendah, sehingga
diperlukan inovasi baru untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan produk buku digital berbasis canva, menganalisis kelayakan,
kepraktisan, dan keefektifan buku digital berbasis canva untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dengan fokus produk yang dikembangkan memiliki tingkat layak,
praktis, dan efektif digunakan sebagai sumber belajar. Model pengembangan yang
digunakan mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D dengan tahapan
define, design, developt, dan disseminate serta subjek penelitian terdiri dari
validator ahli materi, media, bahasa, guru dan siswa. Buku digital berbasis canva
materi gotong-royong dalam tolong-menolong secara keseluruhan dinyatakan
layak, praktis dan efektif, hal ini terbukti dari hasil kelayakan validasi ahli materi
tahap I sebesar 86% capaian sangat layak dan tahap II sebesar 93% capaian sangat
layak, kemudian ahli media tahap I sebesar 71% capaian cukup dan tahap II
sebesar 94% capaian sangat layak dan terakhir ahli bahasa tahap I sebesar 73%
capaian layak dan tahap II sebesar 94% capaian sangat layak. Kemudian, hasil uji
kepraktisan yang terhadap guru dan siswa didapat hasil rata-rata dari 30 siswa
mendapatkan persentase kepraktisan sebesar 88% capaian sangat praktis dan rata
rata penilaian guru mendapatkan persentase sebesar 94% capaian sangat praktis,
sehingga ditotalkan dari penilaian kepraktisan didapat rata-ratanya sebesar 91%
capaian sangat praktis. Terakhir, keefektifan buku digital berbasis canva
dilakukan dengan uji gain dan hasil uji gain mengenai hasil belajar siswa kelas V
mendapatkan nilai sebesar 0.71 terkategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa buku
digital berbasis canva yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan,
kepraktisan dan keefektifan yang baik serta dapat digunakan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah dengan menggunakan buku
digital berbasis canva ini, kemampuan guru dan siswa dalam pemanfaatan
teknologi digital saat belajar semakin meningkat, pembelajaran berjalan dengan
efektif dan efesien sehingga hasil belajar yang didapatkan siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Buku Digital, Canva, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2025 07:08
Last Modified: 12 Mar 2025 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61072

Actions (login required)

View Item
View Item