Ismasari, Ade (2016) HUBUNGAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS X JURUSAN KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113351002 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM 1113351002 LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. NIM 1113351002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 1113351002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM 1113351002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 1113351002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 1113351002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1113351002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 1113351002 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM 1113351002 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM 1113351002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan budaya sekolah dengan perilaku bullying siswa kelas X Jurusan Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah adanya hubungan budaya sekolah dengan perilaku bullying siswa kelas X Jurusan Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex-Post Facto dengan metode yang digunakan adalah Deskriptif Korelasional yaitu menemukan ada tidaknya hubungan antara variabel X dan variabel Y. Sampel penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas X Jurusan Kendaraan Ringan yang merupakan pelaku tindakan bullying. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian dengan jumlah responden 26 siswa diketahui 2 siswa memiliki perilaku bulllying sedang dan 24 siswa memiliki perilaku bullying tinggi. Dari hasil pengolahan data perilaku bullying diperoleh skor tertinggi 97 dan skor terendah 69 dan dari penelitian dengan jumlah responden 26 siswa diketahui 2 siswa memliki budaya sekolah sedang, dan 24 orang siswa memiliki budaya sekolah tinggi. Dari hasil pengolahan data budaya sekolah diperoleh skor tertinggi 96 dan skor terendah 70. Pengujian hipotesis dilakukan dengan perhitungan product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung=0,925, untuk jumlah responden sebanyak 26 orang diperoleh rtabel=0,381. Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikan 5%. Dari hasil uji t diperoleh thitung= 11,8 dan ttabel=1,708, kemudian untuk melihat besarnya kontribusi budaya sekolah dengan perilaku bullying dilihat melalui perhitungan determinan dan diperoleh hasil D= 92,5%. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan budaya sekolah dengan perilaku bullying SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 007 |
Keywords: | Perilaku Bullying; Budaya Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 06:56 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6107 |