Ningsih, Nuria (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DI PAUD WIDURI KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah: Rendahnya keterampilan berbicara yang baik dan benar pada anak usia dini, anak kurang mendapatkan kesempatan untuk berbicara selama pembelajaran, anak lebih banyak diam dan beraktivitas sendiri, kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media yang menarik khususnya pengembangan keterampilan berbicara anak, metode tanya jawab jarang dilakukan dalam pembelajaran khususnya pada pengembangan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui Penerapan metode Tanya jawab di PAUD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah mengembangkan keterampilan berbic ara anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 15 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, dan pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode tanya jawab pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 42,33. Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 49,97%. Pada siklus II pertemuan I yang tergolong sangat baik 6 (25 %) orang anak, tergolong baik 11 (45,83 %). Hasil pengamatan pertemuan II, anak yang tergolong sangat baik 9 (37,5 %).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Widuri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 009 |
Keywords: | Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini; Keterampilan Berbicara;Metode Tanya Jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:37 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6101 |