Mahmud and Silalahi, Albinus and Komisia, Faderina and Marpongahtun KESAN MINAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID MELALUI PENDEKATAN MODEL HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN PENGAJARAN (CTL) DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI. -.
Kesan minat kewirausahaan siswa SMA pada pembelajaran sistem koloid.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesan penerapan pendekatan kontekstual (CTL) dengan metode eksperimen pada pelajaran sistem koloid dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa; (2) kesan penerapan pendekatan kontekstual (CTL) dengan metode demonstrasi pada pelajaran sistem koloid dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa; (3) pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran sistem koloid dengan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa; (4) pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran sistem koloid dengan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa; dan (5) perbedaan pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran sistem koloid dengan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan metode eksperimen dan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dan pengambilan sampel secara purposive. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah siswa SMA Santa Maria yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 yang homogen berdasarkan hasil pretes. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) tes hasil belajar (untuk mengetahui hasil belajar siswa); dan (2) angket (untuk mengetahui minat berwirausaha siswa). Teknik statistik yang digunakan adalah uji beda nyata untuk mengetahui tujuan item (1) dan (2), uji analisis regresi linear untuk mengetahui tujuan item (3), (4) dan (5). Manakala, persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene’s untuk uji homogenitas. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan pada tingkat signifikansi 5 persen disimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan kontekstual (CTL) dengan metode eksperimen pada pelajaran sistem koloid dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa; (2) penerapan pendekatan kontekstual (CTL) dengan metode demonstrasi pada pelajaran sistem koloid dapat membangkitkan minat berwirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa; (3) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran sistem koloid dengan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa; (4) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran sistem koloid dengan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa; dan (5) terdapat perbedaan pengaruh minat berwirausaha yang dibangkitkan pembelajaran sistem koloid dengan pendekatan CTL menggunakan metode eksperimen dan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Sistem Koloid; Minat Berwirausaha; Kontekstual (CTL); Eksperimen; Demontrasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 08:02 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/610 |