Agustini (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MERONCE DI RA NURUL HADINA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah: kreativitas anak masih belum berkembang. Pada saat menyelesaikan pekerjaannya anak masih belum memiliki keberanian, anak ragu dan tidak percaya diri, pembelajaran yang masih memfokuskan pada kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung (calistung), kurangnya fasilitas media pembelajaran ataupun alat bermain yang mampu menunjang perkembangan kreativitas anak, anak hanya mengikuti instruksi guru dalam melaksanakan kegiatan dan tidak mengembangkan kreativitas sendiri, kegiatan meronce jarang dilakukan di RA, kurangnya kebebasan anak dalam mengembangkan kreativitas karena media pembelajaran kurang menarik perhatian anak, tidak ada kesabaran anak dalam meyelesaikan kegiatan pembelajar dengan baik karena selalu terburu buru.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Objek penelitian adalah mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Pada siklus I pertemuan I di peroleh nilai rata-rata anak 36,74 %, yang berarti rata-rata kreativitas anak pada kriteria cukup. Pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 44,32 %, yang berarti rata-rata kreativitas anak pada kriteria cukup.Siklus II pertemuanI diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 74,24%, tergolong pada kategori kreatif. Pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 81.82 %, tergolong kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak pada siklus II dari kategori cukup menjadi kreatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan meroncepada pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hadina Kec. Patumbak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 015 |
Keywords: | Kreativitas;Meronce |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6098 |