UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MERONCE DI RA NURUL HADINA MEDAN T.A 2015/2016

Agustini (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MERONCE DI RA NURUL HADINA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 06 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah: kreativitas anak masih belum berkembang. Pada saat menyelesaikan pekerjaannya anak masih belum memiliki keberanian, anak ragu dan tidak percaya diri, pembelajaran yang masih memfokuskan pada kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung (calistung), kurangnya fasilitas media pembelajaran ataupun alat bermain yang mampu menunjang perkembangan kreativitas anak, anak hanya mengikuti instruksi guru dalam melaksanakan kegiatan dan tidak mengembangkan kreativitas sendiri, kegiatan meronce jarang dilakukan di RA, kurangnya kebebasan anak dalam mengembangkan kreativitas karena media pembelajaran kurang menarik perhatian anak, tidak ada kesabaran anak dalam meyelesaikan kegiatan pembelajar dengan baik karena selalu terburu buru.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Objek penelitian adalah mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Pada siklus I pertemuan I di peroleh nilai rata-rata anak 36,74 %, yang berarti rata-rata kreativitas anak pada kriteria cukup. Pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 44,32 %, yang berarti rata-rata kreativitas anak pada kriteria cukup.Siklus II pertemuanI diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 74,24%, tergolong pada kategori kreatif. Pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 81.82 %, tergolong kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak pada siklus II dari kategori cukup menjadi kreatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan meroncepada pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hadina Kec. Patumbak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 015
Keywords: Kreativitas;Meronce
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:18
Last Modified: 15 Jul 2016 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item
View Item