Nababan, Junianti (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121024_Cover.pdf
Download (38kB)
4203121024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (555kB)
4203121024_Abstrak.pdf
Download (404kB)
4203121024_Kata_Pengantar.pdf
Download (402kB)
4203121024_Daftar_Isi.pdf
Download (413kB)
4203121024_Daftar_Gambar.pdf
Download (263kB)
4203121024_Daftar_Tabel.pdf
Download (326kB)
4203121024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (326kB)
4203121024_BAB_I.pdf
Download (519kB)
4203121024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4203121024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4203121024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (924kB)
4203121024_BAB_V.pdf
Download (483kB)
4203121024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (417kB)
4203121024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Pengembangan Keterampilan Abad 21 Menekankan Pembelajaran Pada Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Namun, Berdasarkan Observasi Yang Dilakukan Peneliti Ditemukan Bahwa Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Masih Rendah. Rendahnya Kemampuan Pemecahaan Masalah Disebabkan Oleh Siwa Yang Kurang Terlibat Aktif Dalam Pembelajaran Dan Penggunaan Model Pembelajaran Yang Kurang Bervariasi. Oleh Karena Itu, Peneliti Melakukan Penelitian Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 13 Medan. Penelitian Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi. Jenis Penelitian Merupakan Penelitian Quasi Eksperiment Dengan Desain Penelitian Yang Digunakan Ialah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi Dalam Penelitian Yang Dilakukan Yaitu Seluruh Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Medan Yang Terdiri Dari Sepuluh Kelas. Sampel Penelitian Terdiri Dari Dua Kelas Yang Diambil Dengan Teknik Random Sampling Yaitu Kelas XI MIPA-8 Sebagai Kelas Eksperimen Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Dan Kelas XI MIPA-6 Sebagai Kelas Kontrol Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen Yang Digunakan Berupa Soal Essay Yang Terdiri Dari 7 Soal Yang Telah Divalidasi. Hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Yang Diperoleh Siswa Pada Kelas Eksperimen Menunjukkan Perubahan Yang Signifikan Dengan Nilai Rata-Rata Pre-Test 39,81 Dan Post-Test 75,11. Hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Kelas Kontrol Saat Pre-Test 38,31 Dan Post-Test 64,88. Analisis Data Menggunakan Uji T Menunjukkan Adanya Pengaruh Signifikan Dari Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning; Pendekatan Stem; Kemampuan Pemecahan Masalah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 12 Mar 2025 02:10 |
| Last Modified: | 13 Jun 2025 03:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60960 |
