Andriani, Viky Widya (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE PROYEK DI PAUD DAHLIA INDAH DESA LAUT DENDANG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah:(1) masih terbatasnya strategi dan metode yang digunakan guru dalam meningkatkan kreativitas, (2) kreativitas anak menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, (3) penggunaan alat-alat seperti kertas, balok dan lego, cendrung membuat anak menjadi bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Capaian perkembangan kreativitas Anak Kelompok dan (2) penggunaan Metode Proyek dalam meningkatkan kreativitas Anak Kelompok B di PAUD DAHLIA INDAH Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan T.A. 2015-2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 23 Orang, terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan teknik persentase dan analisis kualitatif.
Hasil analisis pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata skor 1,7 (cukup kreatif) dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 1,9 (cukup kreatif). Pada siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata skor sebesar 2,3 (kreatif) dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi, 2,5 (sangat kreatif).
Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I rata-ratanya adalah 1,8 (60%) atau temasuk kategori cukup kreatif dan pada siklus II meningkat menjadi 2,4 (80%) atau termasuk kreatif dengan peningkatan sebesar 0,6 (20%). Dari data ini peningkatan kreativitas seluruh anak pada siklus pertama adalah cukup kreatif dan pada siklus kedua tingkat kreativitas seluruh anak menjadi kreatif.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode proyek dapat meningkatkans kreativitas anak kelompok B di PAUD DAHLIA INDAH Desa Laut Dendang Percut Sei Tuan Deli Serdang T.A. 2015-2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 002 |
Keywords: | Kreatifitas ;Metode Proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6093 |