Pengarapenta, Riska Putri (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI PAUD BHARLIND SCHOOL MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) anak masih kurang mengenal bentuk-bentuk geometri, (2) Metode yang digunakan guru kurang tepat, (3) strategi pembelajaran kurang tepat, (4)Media yang digunakan guru hanya media papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: sejauh mana media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan analisis dengan tehnik persentase dan analisis kualitatif.
Hasil analisis pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 5 orang (25%) anak tergolong kurang mampu mengenal bentuk geometri, dan 15 orang (75%) anak tergolong cukup. Pada pertemuan 2, diperoleh 16 orang (80%) anak tergolong cukup, dan 4 orang (20%) anak tergolong baik.
Pada siklus II penelitian ini dilaksanakan dengan memperbaiki pembelajara dengan lebih baik lagi. Pada pertemuan 1 diperoleh 12 orang (60%) anak tergolong cukup dan 8 orang (40%) anak tergolong baik. Pada pertemuan 2 diperoleh 11 orang (55%) anak tergolong baik dan 9 orang (45%) anak tergolong baik sekali.
Dari data ini peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri seluruh anak pada siklus pertama adalah kurang dan pada siklus kedua tingkat kemampuan mengenal bentuk geometri seluruh anak menjadi baik sekali.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di PAUD BHARLIND SCHOOL MEDAN T.A. 2015-2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 003 |
Keywords: | Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri;Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6092 |