PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KARAKTER MENGGUNAKAN KAHOOT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 056001 KARANG REJO

IMAM, M. KHAIRUL (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KARAKTER MENGGUNAKAN KAHOOT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 056001 KARANG REJO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111011_Cover.pdf] Text
1201111011_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 1201111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111011_Abstrak.pdf] Text
1201111011_Abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1201111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 1201111011_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111011_Daftar_Isi.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 1201111011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111011_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1201111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1201111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1201111011_BAB_I.pdf] Text
1201111011_BAB_I.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 1201111011_BAB_V.pdf] Text
1201111011_BAB_V.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1201111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis karakter menggunakan Kahoot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 056001 Karang Rejo. Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah validator ahli desain, ahli materi dan praktisi pendidikan yaitu guru dan 34 peserta didik kelas IV SDN 056001 Karang Rejo. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis karakter menggunakan Kahoot “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai skor kelayakan yang diberikan oleh validator ahli desain dengan persentase 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”. Skor nilai kelayakan oleh validator ahli materi memperoleh persentase 77,90% dengan kategori “Layak”. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil skor nilai kepraktisan dengan persentase sebesar 95,38% berkategori “Sangat Praktis”. Keefektifan E-LKPD dari hasil pre test dan post test peserta didik berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh skor rata-rata N-Gain persen sebesar 58,36 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwasanya E-LKPD berbasis karakter menggunakan Kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Sangat Layak, Sangat Praktis, dan Efektif digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-LKPD, Kahoot, ADDIE, Research and Development, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:28
Last Modified: 02 Jul 2025 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60912

Actions (login required)

View Item
View Item