PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MATERI GERAK PARABOLA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN

Batu, Hotmawaty Hara Br. Lumban (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MATERI GERAK PARABOLA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173121022_Cover.pdf] Text
4173121022_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4173121022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173121022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of 4173121022_Abstrak.pdf] Text
4173121022_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4173121022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173121022_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4173121022_Daftar_Isi.pdf] Text
4173121022_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4173121022_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173121022_Daftar_Gambar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4173121022_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173121022_Daftar_Tabel.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4173121022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173121022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4173121022_BAB_I.pdf] Text
4173121022_BAB_I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 4173121022_BAB_V.pdf] Text
4173121022_BAB_V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4173121022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173121022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes fisika untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis siswa materi gerak parabola yang meliputi
aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan uji respon pada siswa.
Instrumen tes yang dikembangkan adalah instrumen tes dengan menggunakan
indikator berpikir kritis berdasarkan taksonomi Ennis. Jenis penelitian ini
merupakan Research and Development dengan pendekatan ADDIE dengan
tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data
penelitian diperoleh dengan mengujicobakan instrumen tes fisika yang
dikembangkan berupa tes uraian sebanyak 12 soal. Analisis validasi isi
menunjukkan bahwa sebanyak 10 soal valid. Reliabilitas instrumen 0,97, tingkat
kesukaran 0,25 – 0,76, dan daya beda 0,28 – 0,58 dan hasil uji respon siswa terhadap
instrumen ini masuk kedalam kategori sangat baik dengan range 77,50% - 99,17 %
artinya siswa menunjukkan respon positif terhadap instrumen tes keterampilan
berpikir kritis. Berdasarkan kriteria tersebut, maka 10 soal telah dinyatakan layak
dan efektif digunakan sebagai instrumen tes fisika untuk mengukur keterampilan
berpikir kritis bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan ADDIE, Tes Keterampilan Berpikir Kritis, Gerak Parabola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:42
Last Modified: 26 Mar 2025 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60874

Actions (login required)

View Item
View Item