Lingga, Ezra Elisabet (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MATERI GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121061_Cover.pdf
Download (152kB)
4203121061_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (399kB)
4203121061_Abstrak.pdf
Download (253kB)
4203121061_Kata_Pengantar.pdf
Download (219kB)
4203121061_Daftar_Isi.pdf
Download (247kB)
4203121061_Daftar_Gambar.pdf
Download (164kB)
4203121061_Daftar_Tabel.pdf
Download (160kB)
4203121061_Daftar_Lampiran.pdf
Download (163kB)
4203121061_BAB_I.pdf
Download (401kB)
4203121061_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (564kB)
4203121061_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
4203121061_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (949kB)
4203121061_BAB_V.pdf
Download (194kB)
4203121061_Daftar_Pustaka.pdf
Download (323kB)
4203121061_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) yang layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi gelombang bunyi dalam pembelajaran fisika. E-modul dirancang untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten secara optimal, sehingga mempermudah siswa memahami konsep fisika yang abstrak. Pengembangan e-modul dilaksanakan melalui penelitian Research and Development dengan model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi, lembar respon siswa, dan tes kognitif. Lembar validasi diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan guru fisika untuk menilai kelayakan e-modul. Uji coba dilaksanakan pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 13 Medan, dengan melibatkan 10 siswa dalam kelompok kecil dan 35 siswa dalam kelompok besar untuk menganalisis kepraktisan e-modul. Tes kognitif digunakan untuk mengevaluasi keefektifan e-modul melalui hasil pretest dan post-test.
Hasil penelitian menunjukkan e-modul sangat layak digunakan, dengan rata-rata nilai validasi 90,7% dari ahli materi, 90% dari ahli media, dan 100% dari guru fisika. Kepraktisan e-modul terlihat dari respon siswa dengan skor 89,3% pada kelompok kecil dan 99,21% pada kelompok besar. Keefektifan e-modul terbukti dari peningkatan pemahaman siswa, dengan hasil uji N-gain sebesar 0,67, dari nilai pretest 49 menjadi post-test 83.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Gelombang bunyi; Pemahaman konsep; Bahan ajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:55 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 08:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60839 |
